Aktor Amerika peraih Oscar Alan Arkin meninggal pada usia 89 | Berita Obituari

Aktor Amerika peraih Oscar Alan Arkin meninggal pada usia 89 |  Berita Obituari

Alan Arkin, aktor karakter masam yang menunjukkan keserbagunaannya dalam komedi dan drama ketika dia menerima empat nominasi Academy Award dan memenangkan Oscar pada 2007 untuk Little Miss Sunshine, telah meninggal dunia. Dia berusia 89 tahun.

Putranya, Adam, Matthew dan Anthony, mengkonfirmasi kematian ayah mereka pada hari Kamis melalui humas aktor tersebut. “Ayah kami adalah kekuatan alam yang sangat berbakat, baik sebagai seorang seniman maupun seorang pria,” kata mereka dalam sebuah pernyataan Jumat.

Arkin, anggota rombongan komedi Kota Kedua yang terkenal di Chicago, menjadi hit instan dalam film dengan spoof Perang Dingin The Russians Are Coming, The Russians Are Coming, dan mencapai puncaknya di usia lanjut dengan kemenangannya sebagai aktor pendukung terbaik untuk kejutan hit tahun 2006 Nona Sinar Matahari Kecil. Lebih dari 40 tahun memisahkan nominasi Oscar pertamanya untuk The Russians Are Coming dari nominasi terakhirnya untuk berperan sebagai produser Hollywood yang berkonspirasi dalam film pemenang Oscar. Argo.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia beradu peran dengan Michael Douglas dalam serial komedi Netflix The Kominsky Method, sebuah peran yang membuatnya mendapatkan dua nominasi Emmy.

Aktor Alan Arkin tampil bersama komedian Carol Burnett selama pembuatan film The Carol Burnett Show di Los Angeles pada 10 Agustus 1979 (File: George Brich/AP Photo)

Arkin pernah bercanda kepada The Associated Press bahwa indahnya menjadi seorang aktor karakter adalah tidak harus melepas pakaiannya untuk sebuah peran. Dia bukan simbol seks atau superstar, tetapi jarang menganggur dan muncul di lebih dari 100 TV dan film layar lebar. Merek dagangnya adalah kesukaan, keterhubungan, dan perendaman total dalam perannya, tidak peduli seberapa tidak biasa, apakah dia berperan sebagai perwira kapal selam Rusia di The Russians Are Coming yang berjuang untuk berkomunikasi dengan orang Amerika yang sama-sama goyah atau menonjol sebagai obat bius bermulut kotor. -Kakek yang kecanduan di Little Miss Sunshine.

“Alan tidak pernah memiliki persona layar yang dapat dikenali karena dia menghilang begitu saja ke dalam karakternya,” kata sutradara The Russians Are Coming, Norman Jewison. “Aksennya sempurna, dan dia bahkan mampu mengubah penampilannya… … Dia selalu diremehkan, sebagian karena dia tidak pernah melayani kesuksesannya sendiri.”

Saat masih di Kota Kedua, Arkin dipilih oleh Carl Reiner untuk berperan sebagai protagonis muda dalam drama Broadway tahun 1963 Enter Laughing, berdasarkan novel semi-otobiografi Reiner.

Dia menarik ulasan yang kuat dan pemberitahuan dari Jewison, yang bersiap untuk mengarahkan komedi tahun 1966 tentang kapal selam Rusia yang menyebabkan kepanikan saat menjelajah terlalu dekat dengan kota kecil di New England. Dalam film besar Arkin berikutnya, dia membuktikan bahwa dia juga bisa berperan sebagai penjahat, betapapun enggannya. Arkin membintangi Tunggu Sampai Gelap sebagai pengedar narkoba jahat yang menahan seorang wanita buta (Audrey Hepburn) di apartemennya sendiri, percaya pengiriman obat disembunyikan di sana.

Dalam The Heart Is a Lonely Hunter tahun 1968, Arkin berperan sebagai pria sensitif yang tidak dapat mendengar atau berbicara. Peran itu kembali mengangkat status Arkin di Hollywood. Dia berperan sebagai detektif Prancis yang kikuk di Inspektur Clouseau pada tahun yang sama, tetapi film tersebut akan diabaikan demi Peter Sellers’ Clouseau dalam film Pink Panther.

Karier Arkin sebagai aktor karakter terus berkembang ketika sesama alumnus Second City Mike Nichols memasukkannya sebagai pemeran utama sebagai Rossarian, korban kejar-kejaran perang di Catch-22 tahun 1970-an, berdasarkan novel Joseph Heller yang terjual jutaan.

Alan Arkin berpose dengan Michael Douglas
Alan Arkin, kanan, dengan lawan mainnya di Kpminsky Method Michael Douglas di Golden Globe Awards di Los Angeles, California, pada Januari 2019 (File: Mario Anzuoni/Reuters)

Kredit terbaru termasuk Going in Style, remake tahun 2017 yang dibintangi sesama pemenang Oscar Michael Caine dan Morgan Freeman dan Metode Kominsky. Dia berperan sebagai agen bakat Hollywood dan teman dari karakter Douglas, aktor yang pernah menjanjikan yang menjalankan sekolah akting setelah karirnya melejit.

Lahir di New York City of Brooklyn, dia dan keluarganya, termasuk dua adik laki-lakinya, pindah ke Los Angeles ketika dia berusia 11 tahun. Orang tuanya mendapat pekerjaan sebagai guru, tetapi dipecat selama Red Scare setelah Perang Dunia II karena mereka komunis.

“Kami sangat miskin, jadi saya tidak bisa sering pergi ke bioskop,” kata Arkin kepada AP pada tahun 1998. “Tapi saya pergi ketika saya bisa dan fokus pada film karena itu lebih penting daripada apa pun dalam hidup saya. “

Dia belajar akting di Los Angeles City College; Universitas Negeri California, Los Angeles; dan Bennington College di Vermont, di mana dia mendapatkan beasiswa ke sekolah khusus perempuan sebelumnya.

Dia menikah dengan sesama siswa, Jeremy Yaffe, dan mereka memiliki dua putra, Adam dan Matthew.

Setelah dia dan Yaffe bercerai pada tahun 1961, Arkin menikah dengan aktris-penulis Barbara Dana, dan mereka memiliki seorang putra, Anthony. Ketiga putranya menjadi aktor. Adam membintangi serial TV Chicago Hope.

“Jelas bukan sesuatu yang saya paksakan kepada mereka,” kata Arkin pada 1998. “Sama sekali tidak ada bedanya bagi saya apa yang mereka lakukan, selama itu memungkinkan mereka untuk tumbuh.”

Dana dan Arkin bercerai pada 1994, dan pada 1996 Arkin menikah dengan Suzanne Newlander, yang meninggalkannya.

slot online