Apa titik balik matahari musim panas, dan mengapa 21 Juni adalah hari terpanjang? | Berita Infografis

Apa titik balik matahari musim panas, dan mengapa 21 Juni adalah hari terpanjang?  |  Berita Infografis

Titik balik matahari musim panas adalah hari terpanjang dalam setahun bagi sebagian besar populasi dunia, Al Jazeera menjelaskan fenomena tersebut.

Titik balik matahari musim panas adalah peristiwa astronomi yang menandai hari terpanjang dalam setahun dan awal musim panas di Belahan Bumi Utara.

Hampir selalu jatuh pada tanggal 21 Juni, tetapi bisa juga jatuh pada tanggal 20 Juni atau 22 Juni, tergantung pada tahun dan zona waktu tempat Anda berada.

Pada hari itu, hampir 90 persen populasi dunia, yang tinggal di atas khatulistiwa di Belahan Bumi Utara, akan memiliki jam siang terpanjang dalam setahun dan juga malam terpendek.

Mengapa 21 Juni adalah hari terpanjang dalam setahun?

Titik balik matahari musim panas terjadi ketika matahari berada pada posisi tertinggi di langit. Ini terjadi sekali setiap tahun karena sumbu Bumi miring sekitar 23,5 derajat relatif terhadap bidang orbitnya mengelilingi Matahari. Kemiringan ini pula yang menyebabkan terjadinya pergantian musim.

Selama beberapa hari atau minggu sebelum dan sesudah 21 Juni, mereka yang tinggal di Kutub Utara, termasuk sebagian Alaska, Kanada, Greenland, dan Skandinavia, akan mengalami siang hari terus menerus yang mengarah ke apa yang dikenal sebagai matahari tengah malam.

Hari pertama musim panas – dalam istilah astronomi

Titik balik matahari musim panas juga menandai hari pertama musim panas dalam istilah astronomi bagi mereka yang tinggal di Belahan Bumi Utara.

Para astronom menggunakan tanggal dari dua titik balik matahari dan dua ekuinoks untuk menunjukkan musim. Ekuinoks terjadi ketika matahari melintasi jalur ekuator dan berada tepat di antara Belahan Bumi Utara dan Selatan.

Musim astronomi untuk Belahan Bumi Utara paling baik didekati sebagai:

  • Musim Semi (21 Maret)
  • Musim panas (21 Juni)
  • Musim Gugur (21 September)
  • Musim Dingin (21 Desember)

Ahli meteorologi, di sisi lain, menggunakan siklus suhu untuk membagi tahun menjadi empat musim, masing-masing panjangnya tepat tiga bulan.

Musim meteorologi untuk Belahan Bumi Utara didefinisikan sebagai:

  • Musim Semi (1 Maret)
  • Musim panas (1 Juni)
  • Musim Gugur (1 September)
  • Musim Dingin (1 Desember)

Hari terpendek di selatan khatulistiwa

21 Juni adalah hari terpendek dalam setahun di Belahan Bumi Selatan, mempengaruhi sekitar 10 persen populasi dunia.

Bagi mereka yang tinggal di negara-negara seperti Argentina, Australia, Afrika Selatan, dan Selandia Baru, 21 Juni adalah titik balik matahari musim dingin atau hari pertama musim dingin. Di Lingkaran Antartika, Malam Kutub akan terjadi, di mana tidak akan ada siang hari.

Apa signifikansi budaya dari titik balik matahari musim panas?

Titik balik matahari musim panas dirayakan di banyak kebudayaan. Sepanjang sejarah, budaya yang berbeda mengandalkan peristiwa langit untuk menentukan praktik pertanian, seperti kapan menanam dan memanen tanaman, atau dalam pengembangan kalender yang berbeda di seluruh dunia.

Di Swedia, pertengahan musim panas adalah pusat musim tanam dan tradisi melibatkan nyanyian, tarian, dan api unggun.

Ribuan orang juga berkumpul di Stonehenge, sebuah monumen kuno di Wiltshire, Inggris, untuk menyaksikan matahari terbit yang berjejer dengan bebatuan.

perayaan titik balik matahari musim panas
Orang-orang menghadiri perayaan titik balik matahari musim panas di Stonehenge dekat Amesbury, Inggris, 21 Juni 2023. (Toby Melville/Reuter)

Togel Singapore Hari Ini