Kapan Haji dan Idul Adha 2023? | Berita Interaktif

Kapan Haji dan Idul Adha 2023?  |  Berita Interaktif

Haji adalah pertemuan keagamaan tahunan terbesar umat Islam. Itu terjadi di bulan Islam Dhul-Hijja di dalam dan sekitar kota suci Mekah di Arab Saudi.

Tahun ini, haji dimulai pada Senin, 26 Juni, setelah penampakan bulan Arab Saudi dan Idul Adha akan dirayakan tiga hari kemudian, pada 28 Juni.

Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan kewajiban satu kali untuk semua Muslim berbadan sehat untuk melakukan jika mereka mampu membelinya. Itu dimaksudkan untuk membersihkan para pengikut dosa dan membawa mereka lebih dekat kepada Tuhan.

Haji dimulai pada 26 Juni

Haji jatuh pada hari kedelapan Dzulhijjah, tanggal 12 dan bulan terakhir dalam kalender lunar Islam yang bergerak 10-12 hari lebih awal setiap tahunnya.

Mekkah terkenal dengan iklim gurunnya yang panas dengan suhu yang secara teratur melebihi 42C (107F) pada bulan-bulan musim panas. Setidaknya tujuh tahun lagi sampai suhu tinggi rata-rata berada di bawah 38C (100F). Inilah saat haji akan berlangsung selama 33 tahun ke depan.

(Al Jazeera)

Bagaimana haji dilakukan?

Peziarah Muslim dari seluruh dunia tiba di Mekkah pada hari ketujuh Dzul-Hijja – yang jatuh pada 25 Juni tahun ini – dan mulai menunaikan ibadah haji.

Mereka diharuskan memasuki Mekkah dalam keadaan suci ihram. Keadaan ihram adalah simbol kerendahan hati dan fokus spiritual dan berfungsi untuk menyatukan jamaah dari berbagai latar belakang.

Bagi pria, ini berarti hanya mengenakan kain putih tanpa jahitan, dengan satu potong dililitkan di pinggang dan satu lagi disampirkan di bahu kiri, dengan bahu kanan terbuka sepanjang waktu.

Wanita boleh mengenakan pakaian polos apa pun pilihannya, tetapi harus mematuhi aturan hijab dan tidak boleh menutupi wajah.

Infografis di bawah ini melihat proses haji secara sekilas.

INTERACTIVE_WHEN_IS_EID_ALAZHA_AND_HAJJ_2023_7_perjalanan langkah demi langkah-1687150947

Haji menghidupkan kembali ziarah perpisahan nabi Muhammad pada tahun 632 M, di mana ia menelusuri jejak nabi Ibrahim dan Ismail melalui padang pasir.

Pusat ziarah Muslim adalah Masjid Agung Mekah yang menampung Ka’bah, struktur berbentuk kubus yang dibungkus sutra hitam dengan ayat-ayat Alquran yang ditenun dengan benang emas dan perak.

Hari 1: Pada hari pertama haji, jamaah melakukan tawaf, yaitu berjalan tujuh kali mengelilingi Ka’bah, yang dimaksudkan untuk mendekatkan jamaah secara spiritual kepada Tuhan.

Ritual sai mengikuti ini – berjalan atau berlari tujuh kali antara dua bukit Safa dan Marwa untuk memperingati tindakan Hajar, istri Nabi Ibrahim, yang berjalan tujuh kali antara bukit Safa dan Marwa untuk mencari air untuknya. putra Ismail.

Dari sini para peziarah diangkut ke kota tenda Mina, sekitar 8 kilometer (4,9 mil) dari Mekah, tempat mereka berdoa untuk malam itu.

Hari ke-2: Pada hari kedua, para peziarah pergi ke Gunung Arafah, di mana mereka berdoa agar dosa-dosa mereka diampuni. Mereka kemudian dibawa ke dataran Muzdalifa dan bermalam lagi di udara terbuka untuk beribadah.

Hari ke-3: Pada hari ketiga, para peziarah kembali ke Mina untuk melempar Jamarat – tiga bangunan batu yang melambangkan setan. Ini diikuti dengan pengorbanan seekor hewan.

Bagi umat Islam lainnya di seluruh dunia, ini adalah hari pertama Idul Adha. Setelah kurban, jemaah melanjutkan mencukur atau memotong rambut mereka dan berganti pakaian dari ihram.

Hari 4-6: Hari-hari berikutnya, jamaah kembali melakukan tawaf dan sai di Mekkah dan kemudian kembali melempari tiga Jamarat.

Sebelum meninggalkan Mekkah, jemaah harus melakukan tawaf terakhir untuk menyelesaikan haji mereka.

INTERAKTIF_WHEN_IS_EID_ALAZHA_AND_HAJJ_2023_7_map-1687150924

Bagi jutaan orang yang tidak bisa menunaikan ibadah haji tahun ini, pengalaman digital dapat memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana rasanya beribadah di situs paling suci umat Islam ini. Pada tahun 2015, Al Jazeera menghasilkan pengalaman VR 360 derajat yang membawa penonton dalam tur untuk melihat landmark utama yang dikunjungi jutaan Muslim selama ibadah haji.

Alami perjalanan dengan menggerakkan ponsel Anda atau menyeret video ke sekeliling untuk melihat seperti apa Mekah dari semua sudut.

Berapa banyak orang yang menunaikan ibadah haji?

Haji adalah pertemuan Muslim terbesar di dunia. Rata-rata sebelum pandemi COVID-19 dua juta orang memasuki Mekkah setiap tahun untuk menunaikan ibadah haji.

Pada tahun 2022, di tengah pembatasan COVID, hampir satu juta jamaah menunaikan ibadah haji.

INTERACTIVE_WHEN_IS_EID_ALAZHA_AND_HAJJ_2023_7_jumlah jamaah per tahun-1687150933

Tahun ini akan menjadi pertama kalinya sejak pandemi jumlah tersebut akan kembali mencapai angka dua juta.

Untuk pertama kalinya, wanita Muslim akan diizinkan melakukan haji sendiri dari seluruh dunia. Mayoritas jamaah berasal dari negara-negara Asia, menurut biro statistik Kerajaan Arab Saudi, diikuti oleh jamaah dari negara-negara Arab.

Kapan Idul Adha?

Idul Adha, atau Hari Raya Kurban, dirayakan pada hari ketiga haji – yang tahun ini jatuh pada 28 Juni – dan berlangsung selama tiga hari. Ini adalah festival besar Muslim kedua dalam kalender Islam setelah Idul Fitri, yang menandai akhir Ramadhan, bulan puasa.

Pada hari pertama Idul Adha, umat Islam yang mampu diwajibkan untuk menyembelih hewan dan membagikan sebagian dagingnya kepada mereka yang kurang mampu. Ini dilakukan sebagai peringatan simbolis Nabi Ibrahim, yang menurut tradisi Islam, diminta oleh Tuhan untuk mengorbankan putranya Ismail.

INTERACTIVE_WHEN_IS_EID_ALAZHA_AND_HAJJ_2023_8_calendar-1687161264


Pengeluaran SDY