Kolombia memberikan medali untuk menyelamatkan anak-anak 40 hari di hutan | Berita tentang krisis kemanusiaan

Kolombia memberikan medali untuk menyelamatkan anak-anak 40 hari di hutan |  Berita tentang krisis kemanusiaan

Presiden Kolombia Gustavo Petro juga memberikan medali kepada anjing penyelamat militer, Wilson, yang hilang selama pencarian anak-anak.

Presiden Kolombia Gustavo Petro memberikan medali kepada penyelamat pribumi dan militer yang mengambil bagian dalam operasi untuk menemukan empat anak hilang di hutan selama 40 hari setelah selamat dari kecelakaan pesawat di wilayah Amazon negara itu.

Anak-anak, berusia satu hingga 13 tahun, selamat dari kecelakaan 1 Mei yang menewaskan ibu mereka, pilot, dan orang dewasa lainnya. Anak-anak tersebut akhirnya ditemukan pada tanggal 9 Juni oleh relawan dari masyarakat adat Muruy setelah pencarian yang besar dan rumit.

“Lebih dari medali, yang simbolis … hadiah besar, hadiah besar, disebut hidup,” kata Presiden Petro Senin pada upacara di ibukota Bogota di mana anggota misi penyelamatan menerima medali Ordo Boyaca – perbedaan tertinggi kedua dalam angkatan bersenjata dan tertinggi untuk warga sipil.

Anak-anak – Lesly, Soleiny, Tien Norie dan Cristin, masing-masing berusia 13, sembilan, lima dan satu tahun – bertahan selama berminggu-minggu di dalam hutan berkat keterampilan yang mereka pelajari sebagai anggota salah satu komunitas adat Kolombia.

Petro mengatakan anak-anak itu dibimbing oleh pengetahuan “leluhur” dan memuji kerja sama dengan anggota tim pencari dari suku asli untuk “mengajari seluruh Kolombia bagaimana, jika kita bersatu, kita dapat menemukan kehidupan”.

“Sekarang tidak ada perdebatan tentang apakah kearifan Barat atau tradisional lebih penting,” kata Petro tentang upaya penyelamatan tersebut. “Bersama-sama mereka membawa anak-anak kembali.”

Masyarakat adat yang berpartisipasi dalam penyelamatan anak-anak yang selamat dari pesawat Cessna 206 yang jatuh di hutan lebat mengikuti upacara yang dipimpin oleh Presiden Kolombia Gustavo Gustavo Petro, di Bogota, Kolombia 2,6 Juni 2023. REUTERS/Vannessa Jimenez
Masyarakat adat yang berpartisipasi dalam penyelamatan keempat anak tersebut menghadiri upacara penghargaan yang dipimpin oleh Presiden Kolombia Gustavo Gustavo Petro, di Bogota, Kolombia, 26 Juni 2023 (Vannessa Jimenez/Reuters)

“Militer dengan satelitnya, dan penduduk asli dengan minuman mereka – termasuk ayahuasca – dan memanggil roh hutan, menemukan kehidupan bersama,” tambahnya.

Anak-anak tersebut dilaporkan pulih dengan memuaskan di sebuah rumah sakit militer di Bogota.

Seekor anjing penyelamat militer, Wilson, yang hilang selama operasi, juga dianugerahi salah satu medali. Meskipun upaya untuk menemukan Wilson berlanjut setelah anak-anak itu ditemukan, penyelamatannya sekarang tidak mungkin, kata seorang pejabat militer kepada media setempat.

Jenderal Pedro Sanchez, pemimpin operasi penyelamatan, mengatakan monumen-monumen akan dibangun untuk mengenang warisan gembala Malinois Belgia berusia enam tahun.

Wilson tidak terlihat sejak 18 Mei, ketika dia melarikan diri dari regu pencari setelah mencium bau. Militer mengatakan para pencari mengikuti jejak kaki Wilson, yang membawa mereka ke area umum di mana anak-anak itu akhirnya ditemukan tiga minggu kemudian oleh empat sukarelawan pribumi.

sbobet mobile