Stadion Ahmedabad Menjadi Tuan Rumah Pertandingan Piala Dunia Kriket India-Pakistan | Berita Kriket

Stadion Ahmedabad Menjadi Tuan Rumah Pertandingan Piala Dunia Kriket India-Pakistan |  Berita Kriket

Para rival akan berhadapan di Stadion Narendra Modi berkapasitas 132.000 tempat duduk, yang juga akan menjadi tuan rumah pertandingan pembukaan dan final.

Pertandingan yang ditunggu-tunggu antara India dan Pakistan di Piala Dunia Kriket Pria ICC 2023 telah dikonfirmasi untuk 15 Oktober di Ahmedabad, tempat pertandingan pembukaan dan final turnamen.

Dewan Kriket Internasional (ICC) pada hari Selasa mengumumkan jadwal turnamen format 50-over yang dimulai pada 5 Oktober.

Stadion Narendra Modi di Ahmedabad, India, akan menjadi tuan rumah lima pertandingan, termasuk pertandingan pembuka antara juara bertahan Inggris dan Selandia Baru, dan penentuan kejuaraan pada 19 November.

“Ratusan juta penggemar di seluruh dunia akan menjadi bagian dari apa yang kami harap akan menjadi piala dunia kriket pria terbesar yang pernah ada,” kata kepala eksekutif ICC Geoff Allardice dalam sebuah pernyataan.

“Kami tahu di India tim akan menikmati atmosfir elektrik unik yang akan diakhiri dengan pemenang mengangkat trofi di stadion kriket terbesar di dunia di Ahmedabad.”

Pertandingan Piala Dunia 50 tahun 2019 antara India dan Pakistan menarik 273 juta penonton (File: Andrew Boyers/Action Images via Reuters)

Dewan Kriket Pakistan (PCB) mengatakan tim mereka akan membutuhkan izin dari Islamabad untuk bermain. “Kami bekerja sama dengan pemerintah kami untuk mendapatkan panduan,” kata Direktur Komunikasi PCB Sami Ul Hasan.

“Posisi ini konsisten dengan apa yang kami sampaikan kepada ICC beberapa minggu lalu ketika mereka membagikan draf jadwal kepada kami dan meminta tanggapan kami,” katanya.

Sepuluh tim akan berpartisipasi dalam turnamen 46 hari yang diadakan di 10 kota. Selain Ahmedabad, kota Bangalore, Chennai, Delhi, Dharamsala, Hyderabad, Kolkata, Lucknow, Mumbai, dan Pune akan menjadi tuan rumah pertandingan tersebut.

Semua tempat akan menjadi tuan rumah masing-masing lima pertandingan, kecuali Hyderabad, yang akan menjadi tuan rumah tiga pertandingan, termasuk dua pertandingan liga Pakistan.

Empat tim teratas akan lolos ke semifinal, yang akan dimainkan di Mumbai dan Kolkata.

ICC mengatakan Pakistan tidak akan memainkan pertandingan apa pun di Mumbai. Jika Pakistan mencapai semifinal, itu akan dimainkan di Kolkata. Jika India lolos ke empat besar, itu akan memainkan semifinal di Mumbai kecuali pertandingan melawan Pakistan.

Persaingan India-Pakistan

Jadwal diumumkan setelah penundaan berminggu-minggu karena penolakan Pakistan sebelumnya untuk melakukan perjalanan ke India, tetapi kompromi tercapai ketika Pakistan setuju untuk menjadi tuan rumah Piala Asia model hybrid pada bulan September.

Dalam beberapa tahun terakhir, India dan Pakistan hanya bermain satu sama lain di turnamen internasional – biasanya di tempat netral – karena ketegangan politik yang berkepanjangan, terakhir selama Piala Dunia T20 di Australia tahun lalu.

India dan Pakistan belum pernah bertemu di kedua sisi dalam seri bilateral sejak 2012. Mereka juga tidak memainkan Tes satu sama lain sejak 2007, melainkan hanya dalam versi game yang lebih pendek.

Kedua tim akan saling berhadapan dalam Piala Dunia ICC 50-over untuk kedelapan kalinya, dengan pertemuan terakhir antara kedua belah pihak pada tahun 2019 – yang dimenangkan India dengan 89 run.

Delapan tim lolos langsung ke Piala Dunia: India, Pakistan, Inggris, Selandia Baru, Australia, Afghanistan, Afrika Selatan, dan Bangladesh.

Mereka akan bergabung dengan dua tim lagi dari kualifikasi yang berlangsung di Zimbabwe. Turnamen mempertahankan format round-robin dengan semua tim bermain melawan satu sama lain. Semua kecuali enam dari 48 pertandingan akan diadakan pada malam hari.

slot gacor