UEA, Qatar membuka kembali kedutaan setelah bertahun-tahun keretakan diplomatik | Berita

UEA, Qatar membuka kembali kedutaan setelah bertahun-tahun keretakan diplomatik |  Berita

Negara-negara setuju untuk memulihkan perwakilan diplomatik setelah boikot dan blokade Qatar tahun 2017.

Uni Emirat Arab dan Qatar telah mengumumkan pembukaan kembali kedutaan mereka setelah putus hubungan selama enam tahun.

Kedua negara mengeluarkan pernyataan pada hari Senin mengatakan kedutaan Qatar di Abu Dhabi dan konsulat Qatar di Dubai serta kedutaan Emirat di Doha telah kembali beroperasi.

Menteri luar negeri kedua negara berbicara melalui telepon untuk saling memberi selamat atas pembukaan kembali misi diplomatik, kata pengumuman Qatar.

“Uni Emirat Arab dan Negara Qatar telah mengumumkan pemulihan perwakilan diplomatik antara kedua negara,” bunyi pernyataan di kantor berita resmi UEA WAM.

UEA bergabung dengan Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir dalam memberlakukan boikot dan blokade Qatar pada 2017 atas apa yang disebutnya dukungan Doha untuk kelompok “teroris” dan terlalu dekat dengan Iran. Qatar membantah keras semua tuduhan itu.

Qatar melewati krisis diplomatik yang belum pernah terjadi sebelumnya berkat kekayaan gasnya dan hubungan dekat dengan Turki dan Iran.

Boikot tersebut secara resmi dicabut pada Januari 2021. Akhir tahun lalu, Qatar menyambut para pemimpin tamu dari Arab Saudi, Mesir, dan UEA saat menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA.

Amerika Serikat pada hari Senin menyambut baik dimulainya kembali perwakilan diplomatik Qatar dan Uni Emirat Arab dan pembukaan kembali kedutaan, dengan Departemen Luar Negeri AS menyebutnya sebagai “langkah penting” untuk mempromosikan stabilitas regional.

Mengurangi persaingan di Teluk

Turki, yang mendukung Qatar selama krisis, sejak itu memulihkan hubungan dengan negara-negara Teluk saingannya termasuk UEA dan Arab Saudi.

Pembukaan kembali misi diplomatik terjadi pada saat persaingan mereda di Teluk setelah Arab Saudi dan Iran mengumumkan berakhirnya pemutusan hubungan selama tujuh tahun pada bulan Maret.

Putaran rekonsiliasi diikuti, termasuk Qatar dan Bahrain melanjutkan hubungan pada bulan April.

Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan mengunjungi Iran pada hari Sabtu dan bertemu dengan Presiden Ebrahim Raisi dalam langkah besar lainnya dalam pemulihan hubungan mereka. Iran membuka kembali kedutaannya di Riyadh bulan ini.

D├ętente antara Riyadh dan Teheran tampak signifikan karena mereka telah lama bersaing untuk mendapatkan pengaruh di wilayah tersebut dan mendukung pihak yang berseberangan dalam konflik, termasuk Yaman.

Bulan lalu, Liga Arab mengembalikan Suriah setelah 12 tahun.

Data SGP Hari Ini