Apa itu ledakan bencana? Semua Tentang Sub Titanic | Berita Sains dan Teknologi

Apa itu ledakan bencana?  Semua Tentang Sub Titanic |  Berita Sains dan Teknologi

Ledakan dahsyat disalahkan atas kematian kelima orang di atas kapal selam laut dalam yang melakukan perjalanan ke bangkai kapal Titanic di dasar Samudra Atlantik.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang ledakan kapal selam Titan.

Apa itu ledakan bencana?

Ledakan, kebalikan dari ledakan, adalah ketika sebuah benda runtuh dengan sendirinya dalam hitungan milidetik.

Ledakan dahsyat, seperti yang diyakini telah menghancurkan kapal selam Titan, akan terjadi dengan kekuatan dan kecepatan yang luar biasa mengingat tekanan air yang menghancurkan di dasar laut.

Sisa-sisa Titanic berada di dasar laut Samudera Atlantik Utara pada kedalaman sekitar 4.000 meter (13.000 kaki).

Di permukaan laut, tekanan atmosfer adalah 14,7 pound per inci persegi (psi), atau 100 kilopascal. Saat Anda masuk lebih dalam ke bawah air, tekanan itu bertambah dan bertambah. Tekanan air di lokasi bangkai kapal Titanic kira-kira 6.000 psi (lebih dari 41.000 kilopascal).

Di bawah tekanan sebesar ini, cacat struktural sekecil apa pun dapat menyebabkan konsekuensi yang fatal. Kematian hampir seketika bagi penghuni ruang tekanan.

Apa yang terjadi di kapal selam Titan?

Rig tenggelam pada Minggu pagi dan kapal pendukungnya kehilangan kontak sekitar satu jam 45 menit kemudian, kata Penjaga Pantai AS.

Menurut Pusat Koordinasi Penyelamatan Gabungan Kanada di Halifax, Nova Scotia, kapal tersebut dilaporkan terlambat sekitar 700 km (435 mil) selatan St John’s, Newfoundland.

Hilangnya itu memicu pencarian multinasional selama lima hari.

Tidak jelas persis kapan dan di mana ledakan itu terjadi. Tetapi seorang pejabat senior militer AS mengatakan pada hari Kamis bahwa sistem akustik Angkatan Laut AS telah mendeteksi “anomali” pada hari Minggu yang kemungkinan merupakan ledakan fatal Titan.

Berikut adalah garis waktu dari peristiwa-peristiwa penting.

Apa yang menyebabkan ledakan itu?

Belum jelas juga.

Roderick Smith, seorang profesor teknik di Imperial College London, mengatakan ledakan itu kemungkinan besar disebabkan oleh “kegagalan lambung kapal” tetapi puing-puing perlu diambil untuk melakukan penyelidikan penuh.

Dan meskipun demikian, mungkin tidak mudah untuk menentukan penyebabnya.

“Kekerasan ledakan berarti sangat sulit untuk menentukan urutan kejadian,” kata Smith.

Siapa yang meninggal di kapal selam turis?

Lima orang di dalamnya adalah pilot Stockton Rush, CEO OceanGate, perusahaan yang memimpin ekspedisi; petualang Inggris Hamish Harding; Shahzada dan Suleman Dawood, ayah dan anak dari keluarga bisnis terkemuka Pakistan; dan penjelajah bawah laut Perancis dan pakar Titanic Paul-Henri Nargeolet.

Setelah bangkai kapal selam ditemukan, upeti mengalir untuk para korban.

Kombinasi foto ini menunjukkan, dari kiri, Shahzada Dawood, Suleman Dawood, Paul-Henri Nargeolet, Stockton Rush dan Hamish Harding
Kombinasi foto ini menunjukkan, dari kiri, Shahzada Dawood, Suleman Dawood, Paul-Henri Nargeolet, Stockton Rush dan Hamish Harding (File: AP Photo)

Gedung Putih menyampaikan belasungkawa.

“Hati kami tertuju pada keluarga dan orang-orang terkasih dari mereka yang kehilangan nyawa di Titan,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Mereka telah melalui cobaan yang mengerikan beberapa hari terakhir ini, dan kami mengingatnya dan berdoa.”

Pakistan juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Dawood dan para penumpang lainnya.

Keluarga Harding menggambarkan penjelajah miliarder itu sebagai “satu-satunya”.

“Kami menyembah dia. Dia adalah seorang penjelajah yang bersemangat – apa pun medannya – yang menjalani hidupnya untuk keluarganya, bisnisnya, dan untuk petualangan selanjutnya. Apa yang dia capai dalam hidupnya benar-benar luar biasa dan jika kita dapat sedikit terhibur dari tragedi ini, kita kehilangan dia melakukan apa yang dia sukai,” bunyi pernyataan tersebut.

John Paschall, anak tiri Nargeolet, mengatakan kepada jaringan televisi Amerika CBS bahwa dia adalah seorang inspirasi.

“Sains sekarang menjadi subjek favorit saya, dan itu adalah salah satu hal di mana dia tidak pernah memaksakan bantuan apa pun. Saya pergi dan bertanya, dan dia melakukannya begitu saja, ”kata Paschall.

OceanGate juga memberikan penghormatan kepada para korban, dengan mengatakan: “Orang-orang ini adalah penjelajah sejati yang memiliki semangat petualangan yang jelas dan hasrat yang mendalam untuk menjelajahi dan melindungi lautan dunia.”

Apa selanjutnya untuk pencarian?

Penjaga Pantai AS akan terus mencari di dekat Titanic untuk mendapatkan lebih banyak petunjuk tentang apa yang terjadi pada Titan.

Para pejabat mengatakan tidak ada kerangka waktu kapan mereka akan membatalkan pencarian internasional. Laksamana Muda John Mauger, dari Distrik Penjaga Pantai Pertama, mengatakan prospek untuk menemukan atau memulihkan jenazah tidak diketahui.

Sejauh ini mereka telah menemukan lima potongan puing. Ini termasuk bagian dari ruang tekanan, kerucut hidung Titan, bel depan dan bel belakang.

judi bola online