Cari kapal selam Titanic yang hilang: Apa yang kita ketahui sejauh ini | Berita Sains dan Teknologi

Cari kapal selam Titanic yang hilang: Apa yang kita ketahui sejauh ini |  Berita Sains dan Teknologi

Kapal selam Titan berpenumpang lima orang yang hilang di Atlantik Utara dikatakan memiliki persediaan oksigen selama 96 jam.

Petugas penyelamat berpacu dengan waktu Selasa untuk menemukan kapal selam yang hilang membawa lima orang dalam misi untuk mendokumentasikan reruntuhan Titanic, kapal laut ikonik yang tenggelam lebih dari seabad yang lalu.

Penjaga Pantai Amerika Serikat memimpin pencarian kapal kecil, bernama Titan, di Atlantik Utara yang terpencil tempat Titanic menabrak gunung es dan tenggelam pada tahun 1912, membawa semua kecuali sekitar 700 dari sekitar 2.200 penumpang dan awak tewas.

Ekspedisi OceanGate, sebuah perusahaan berbasis negara bagian Washington yang mengerahkan kapal selam berawak untuk ekspedisi laut dalam, mengatakan kapalnya menjadi sasaran operasi penyelamatan.

(Al Jazeera)

Penyelaman Titan pada hari Minggu adalah salah satu dari banyak yang dilakukan oleh OceanGate ke bangkai kapal Titanic sejak 2021.

Inilah yang kami ketahui sejauh ini:

Kapan dan di mana Titan hilang?

  • Pencarian sedang dilakukan sekitar 1.450 km (900 mil) timur Semenanjung Cape Cod di kedalaman air sekitar 3.900 meter (12.800 kaki), menurut US Coast Guard.
  • Titan memulai perjalanannya pada Minggu pagi dan kapal pendukungnya – Pangeran Kutub – kehilangan kontak dengannya sekitar satu jam 45 menit kemudian.
  • Kapal dan pesawat penyelamat Amerika dan Kanada membanjiri area pencarian, beberapa menjatuhkan sonobuoy yang dapat memantau hingga kedalaman 3.900 meter (12.800 kaki).
  • Tidak seperti kapal selam yang berangkat dengan kekuatannya sendiri dan kembali ke pelabuhan, kapal selam membutuhkan kapal untuk meluncurkan dan memulihkannya.
  • Titan diluncurkan dari Pangeran Kutub, sebuah kapal pemecah es yang disewa oleh OceanGate yang mengangkut orang dan kapal selam ke lokasi bangkai kapal Atlantik Utara di mana beberapa penyelaman telah dilakukan.
  • Titan memiliki pasokan oksigen selama 96 jam, David Concannon, penasihat OceanGate, mengatakan kepada The Associated Press pada hari Senin.

Jenis kapal laut dalam apa itu?

  • Titan mampu menyelam sejauh 4.000 meter (13.120 kaki) “dengan batas keamanan yang nyaman”, menurut dokumen yang diajukan perusahaan pada bulan April ke Pengadilan Distrik AS di Virginia yang mengawasi masalah Titanic.
  • Titan terbuat dari “titanium dan serat karbon luka filamen” dan telah terbukti “menahan tekanan besar dari laut dalam,” menurut OceanGate.
  • Dalam pengajuan pengadilan Mei 2021, OceanGate mengatakan Titan memiliki “fitur keselamatan yang tak tertandingi” yang menilai integritas lambung selama setiap penyelaman.
  • Titan telah menjalani lebih dari 50 penyelaman uji, termasuk ke kedalaman yang setara dengan Titanic, di perairan dalam di lepas pantai Bahama, kata perusahaan itu.
  • Titan “pasti akan mengantarkan era baru eksplorasi dengan menyediakan akses ke 50 persen lautan untuk pengamatan manusia secara langsung,” kata perusahaan itu di situs webnya.
  • Selama ekspedisi 2022, OceanGate melaporkan bahwa kapal selam mengalami masalah baterai selama penyelaman pertamanya dan harus dipasang secara manual ke platform pengangkatnya, menurut pengajuan pengadilan November.
FILE - Foto tak bertanggal ini disediakan oleh Ekspedisi OceanGate pada Juni 2021 menunjukkan kapal selam Titan milik perusahaan.  Pada hari Senin, 19 Juni 2023, sebuah operasi penyelamatan sedang berlangsung jauh di Samudera Atlantik untuk mencari kapal bawah laut berteknologi maju yang membawa lima orang di sekitar reruntuhan Titanic, kapal laut ikonik yang tenggelam lebih dari seabad sebelumnya. .  (Ekspedisi OceanGate melalui AP, File)
Foto tak bertanggal yang disediakan oleh Ekspedisi OceanGate pada Juni 2021 menunjukkan kapal selam Titan milik perusahaan (File: Ekspedisi OceanGate via AP)

Apa misi Titan?

  • Tujuan ekspedisi OceanGate adalah untuk mendokumentasikan kerusakan Titanic serta ekosistem bawah air yang sering muncul dari bangkai kapal.
  • Yang tersisa dari Titanic perlahan-lahan mengalah pada bakteri pemakan logam yang mengonsumsi ratusan kilogram besi setiap hari. Ada yang meramalkan bahwa bangkai kapal Titanic bisa hilang dalam hitungan dekade.
  • OceanGate melengkapi Titan dengan kamera definisi tinggi dan peralatan sonar multi-beam. Memetakan dekomposisi bangkai kapal dapat membantu para ilmuwan memprediksi nasib bangkai kapal laut dalam lainnya.
  • “Lautan mengambil benda ini, dan kita perlu mendokumentasikannya sebelum semuanya hilang atau tidak dapat dikenali,” kata Stockton Rush, presiden Ekspedisi OceanGate, kepada AP pada tahun 2021.

Siapa yang ada di kapal?

  • Penjaga Pantai AS mengatakan ada satu pilot dan empat “spesialis misi” di dalamnya.
  • Ekspedisi OceanGate ke lokasi bangkai kapal Titanic melibatkan arkeolog dan ahli biologi kelautan. Perusahaan juga membawa orang-orang yang membayar untuk ikut. Dikenal sebagai “spesialis misi”, orang-orang seperti itu bergiliran menjaga peralatan sonar dan melakukan tugas lain di kapal selam lima orang.
  • Pengusaha Pakistan Shahzada Dawood dan putranya, Suleman, ikut serta, kata keluarga mereka dalam sebuah pernyataan. “Kami sangat berterima kasih atas kepedulian yang ditunjukkan oleh rekan dan teman kami dan ingin meminta semua orang untuk berdoa demi keselamatan mereka,” kata pernyataan itu. Pengusaha miliarder Inggris Hamish Harding juga merupakan salah satu spesialis misi, menurut Action Aviation, sebuah perusahaan di mana Harding menjabat sebagai ketua.
  • Ekspedisi, yang menelan biaya $250.000 per orang, dimulai di St John’s, Newfoundland, sebelum menuju sekitar 640 km (400 mil) ke Samudera Atlantik ke lokasi bangkai kapal, menurut situs web OceanGate.
  • Ekspedisi tersebut merupakan perjalanan tahunan ketiga OceanGate untuk mendokumentasikan penurunan Titanic. Sekelompok turis awal membayar $100.000 hingga $150.000 masing-masing untuk melakukan perjalanan pada tahun 2021.
  • Anak tiri Harding menulis di Facebook bahwa Harding “hilang di kapal selam” dan meminta “pikiran dan doa”. Anak tirinya kemudian menghapus postingan tersebut untuk menghormati privasi keluarga.
  • Harding sendiri memposting di Facebook bahwa dia akan naik kapal selam. Ekspedisi melaut pada hari Jumat, dan penyelaman pertama ditetapkan pada Minggu pagi, menurut pos Harding.
Dalam foto yang disediakan oleh Blue Origin ini, astronot NS-21 (New Shepard-21) Hamish Harding menerima pin astronot Blue Origin setelah penerbangan sukses ke luar angkasa pada 4 Juni 2022, di Van Horn, Texas.  Menurut Action Aviation, sebuah perusahaan di mana Harding menjabat sebagai ketua, pengusaha Inggris itu adalah salah satu spesialis misi di atas kapal selam yang hilang dengan lima orang untuk melihat reruntuhan Titanic, yang dilaporkan pada Minggu malam, 18 Juni 2023.  (Felix Kunze/Biru Asal melalui AP)
Hamish Harding menerima pin astronot Blue Origin setelah sukses terbang ke luar angkasa pada 4 Juni 2022, di Van Horn, Texas (File: Felix Kunze/Blue Origin via AP)
  • Harding memegang tiga Rekor Dunia Guinness, termasuk durasi terlama di kedalaman laut penuh oleh kapal berawak. Pada Maret 2021, dia dan penjelajah laut Victor Vescovo menyelam ke kedalaman terendah Palung Mariana. Pada Juni 2022, dia pergi ke luar angkasa dengan roket New Shepard milik Blue Origin.

taruhan bola