Harga tentara bayaran Wagner melonjak secara online setelah pemberontakan di Rusia | Berita perang Rusia-Ukraina

Harga tentara bayaran Wagner melonjak secara online setelah pemberontakan di Rusia |  Berita perang Rusia-Ukraina

Barang dagangan berlambang Wagner – tengkorak manusia dengan latar belakang hitam dan merah – telah naik harganya secara online.

Harga online untuk barang-barang berlambang pasukan tentara bayaran Wagner Rusia – tengkorak manusia dengan latar belakang hitam dan merah – telah melonjak sejak pemberontakan bersenjata singkat kelompok itu terhadap militer Rusia, dengan pembeli juga memposting ulasan bintang lima dan dukungan untuk tentara bayaran.

Analisis harga mingguan pengecer online terbesar Rusia Wildberries menunjukkan biaya untuk perlengkapan Wagner meningkat setelah bos tentara swasta, Yevgeny Prigozhin, mengirim konvoi bersenjata pejuang dalam serangan 1.200 kilometer (750 mil) ke Moskow pada hari Sabtu.

Setelah merebut kota Rostov-on-Don di Rusia selatan dan tampaknya memiliki peluang yang jelas untuk memasuki Moskow, Prigozhin tiba-tiba menghentikan gerak maju para pejuangnya pada hari Sabtu setelah setuju untuk memimpin pasukannya ke Belarus setelah pembicaraan dengan pemimpin negara ini Alexander Lukashenko.

Pejuang Wagner mungkin tidak terlihat di Rusia, tetapi mereka tampaknya masih ada di benak pembeli online Rusia.

Tambalan seragam Wagner yang menggambarkan tengkorak yang dapat dijahit ke pakaian diambil 525 rubel ($6) pada periode 25-29 Juni, naik tajam dari 294 ($3,36) rubel selama 18-25 Juni.

Harga kaus hitam bergambar prajurit Wagner memegang biola melonjak menjadi 1.650 rubel ($18,80) minggu ini dari 1.236 rubel ($14,10).

“Karena situasi di dalam negeri, pembeliannya dilakukan secara spontan,” tulis salah satu pembeli, Tatiana.

Orang-orang juga membeli regalia lain, seperti gantungan kunci Wagner, di situs e-commerce saingan Rusia, Ozon.

“Gantungan kunci yang sangat bagus dan asli,” tulis seorang pengulas bintang lima. “Untuk mengenang semua orang di jajaran Wagner yang telah meninggal.”

Wildberry dan Ozon menolak berkomentar Kamis tentang kenaikan harga barang dagangan Wagner.

Di tempat lain, masker wajah Prigozhin sekarang dijual di St Petersburg, bersama dengan milik Putin, pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov dan politisi oposisi Alexey Navalny yang dipenjara.

Seorang pembeli, Vladimir, menulis ulasan tentang bendera Wagner di Wildberry: “Perusahaan Militer Swasta Wagner adalah yang terbaik. Semoga beruntung untukmu. Benderanya sangat bagus.”

Seorang pria berfoto dengan seorang pejuang dari pasukan tentara bayaran Wagner di dekat markas Distrik Militer Selatan Rusia di kota Rostov-on-Don, Rusia, pada 24 Juni 2023 (File: Reuters)

Pejuang Wagner, yang telah mempelopori beberapa pertempuran paling sengit Rusia di Ukraina, telah dituduh melakukan kekejaman dalam konflik di seluruh dunia yang mereka ikuti dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan Januari, para ahli PBB menyerukan penyelidikan independen atas kemungkinan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh pasukan pemerintah dan tentara bayaran Wagner di Mali.

Presiden Rusia Vladimir Putin menggambarkan tindakan tentara swasta sebagai “pengkhianatan”. Namun, ketika konvoi lapis baja Wagner menyeberang dari Ukraina ke Rusia pada hari Sabtu dalam apa yang disebut “berbaris ke Moskow”, mereka dengan antusias disemangati oleh penduduk di Rostov-on-Don – kota yang sempat mereka kuasai di Rusia selatan.

situs judi bola