Kapal selam Titanic: Apa tantangan utama dalam pencarian? | Berita

Kapal selam Titanic: Apa tantangan utama dalam pencarian?  |  Berita

Sebuah kapal selam yang membawa lima wisatawan dalam pelayaran laut dalam untuk melihat bangkai kapal Titanic hilang pada hari Minggu, mendorong upaya pencarian dan penyelamatan besar-besaran.

Berikut adalah situasi ketika penyelamat berpacu dengan waktu untuk mencari kapal selam di area sekitar setengah ukuran Belgia, yang bisa berada di dasar laut atau mengambang di permukaan, dengan para turis melesat dari luar.

Waktu adalah perhatian penting

Pada pukul 17:00 GMT pada hari Selasa, para ahli memperkirakan bahwa kapal selam memiliki sisa waktu sekitar 40 jam untuk menghirup udara, yang berarti penyelamat memiliki waktu lebih dari 20 jam untuk menemukan kapal yang hilang.

“Masalah besar sekarang adalah waktu,” kata Jonathan Holloway, pensiunan kapten Angkatan Laut Inggris yang bertugas di kapal selam, kepada Al Jazeera.

“Kita tahu bahwa pada titik tertentu mereka akan kehabisan oksigen. Tapi tentu saja, kehabisan oksigen bukanlah hal yang sulit.

“Saat kadar oksigen turun, Anda menjadi kurang mampu berkonsentrasi, kurang mampu bekerja, dan karena itu kurang mampu menanggapi orang di luar kapal selam yang mencoba membantu Anda,” tambahnya.

Medan yang tidak ramah

Jika kapal selam berada di dasar laut, hampir tidak mungkin diselamatkan, kata para ahli.

Bangkai kapal Titanic berada sekitar 2,5 mil (4 kilometer) di bawah permukaan. Kapal selam itu kehilangan kontak lebih dari setengah penyelamannya.

“Di bawah sana gelap gulita. Dingin sekali. Dasar lautnya berlumpur dan bergelombang. Anda tidak dapat melihat tangan Anda di depan wajah Anda,” kata Tim Maltin, seorang ahli tenggelamnya dan reruntuhan Titanic.

Mike Reiss, penumpang Titan sebelumnya, berkata, “Mereka mungkin terjebak di dasar lautan.

“Mungkin ada celah dan air masuk; Saya tidak terlalu optimis untuk kembalinya mereka, ”tambahnya.

(Al Jazeera)

Angkat?

Para ahli juga mengatakan bahwa penyelamatan sub-to-sub dari dasar lautan tidak mungkin dilakukan.

Hanya segelintir kapal bawah air yang dapat mencapai kedalaman bangkai kapal Titanic. Sekalipun bisa mencapainya, kapal selam tidak memiliki kekuatan untuk menarik kapal yang hilang ke permukaan.

“Kami tahu lebih banyak tentang permukaan bulan daripada dasar lautan karena kami belum memeriksanya,” kata Jamie Pringle, ahli geosains forensik di Universitas Keele di Inggris.

Untuk menemukannya di permukaan

Para ahli mengatakan jika kapal mengapung di permukaan laut, itu akan menjadi situasi tumpukan jerami.

Kapal berukuran van (panjang 6,7 meter dan lebar 2,8 meter) akan semakin sulit dikenali jika sebagian terendam. Itu jauh di laut, jadi memindahkan kapal dan peralatan ke area besar yang sedang digeledah membutuhkan waktu.

Apa yang telah dilakukan sejauh ini?

Setidaknya 10.000 mil persegi (25.900 kilometer persegi) digeledah, menurut Penjaga Pantai AS.

Kapal pemecah es penelitian Kanada Pangeran Kutub, yang mendukung Titan, melakukan pencarian permukaan dengan bantuan pesawat pengintai Boeing P-8 Poseidon Kanada, dan militer Kanada menjatuhkan pelampung surya untuk mendengarkan kemungkinan suara dari Titan.

Robot bawah air juga mulai mencari di sekitar Titanic, dan ada dorongan untuk membawa peralatan penyelamat ke tempat kejadian jika kapal selam itu ditemukan, kata Jamie Frederick dari First Coast Guard District di Boston.

Dua pesawat Lockheed C-130 Hercules AS melakukan overflight, dan tiga Komando Mobilitas Udara AS C-17 juga digunakan untuk memindahkan kapal selam dan peralatan pendukung perusahaan komersial lain dari Buffalo, New York, ke St John’s untuk digunakan guna membantu pencarian.

Sebuah kapal Angkatan Laut Kerajaan Kanada yang menyediakan tim medis yang berspesialisasi dalam pengobatan menyelam dan ruang rekompresi hiperbarik bergerak enam orang juga sedang dalam perjalanan Selasa, menurut militer Kanada.

“Masalah yang benar-benar kritis adalah menemukan kapal selam itu,” kata Holloway.

“Jika itu di permukaan, mereka memiliki peluang untuk bertarung. Kalau di kedalaman rongsokan, saya kira waktu cepat habis,” imbuhnya.

Interactive_Titan_submersive_21Juni_2023

Di mana Titan menghilang?

Awak kapal selam Titan kehilangan kontak dengan awak kapal penelitian Pangeran Kutub – satu jam 45 menit setelah mulai menyelam untuk melihat reruntuhan pada hari Minggu.

Bangkai Titanic, kapal Inggris yang menabrak gunung es dan tenggelam dalam pelayaran perdananya pada bulan April 1912, terletak sekitar 900 mil (1.450 km) di timur Cape Cod, Massachusetts, dan 435 mil (700 km) di selatan St. , Newfoundland.

Titanic duduk di dasar laut, sekitar 4.000 meter (13.000 kaki) di bawah permukaan laut.

Apa skenario terburuknya?

“Skenario mimpi buruk sebenarnya adalah mereka masih hidup, di permukaan … kehabisan udara, dan tidak bisa keluar,” kata penulis sains dan mantan penumpang Titan David Pogue kepada media.

Menurut Jannicke Mikkelsen, seorang teman pengusaha di kapal Hamish Harding dan sesama penjelajah, kurangnya tenaga merupakan salah satu tantangan terbesar.

Pencarian dilakukan dari Boston.

“Mereka memiliki cukup oksigen untuk menjaga mereka tetap hidup dan bertahan selama 96 jam, tetapi mereka juga membutuhkan tenaga untuk tetap hidup, jadi skenario terburuknya adalah mereka memiliki oksigen tetapi tidak memiliki tenaga, dan jika mereka tidak memilikinya kekuatan mereka akan mendapatkan hipotermia cukup cepat,” katanya.

Apakah ada peringatan sebelumnya untuk OceanGate?

Bertahun-tahun sebelum kapal selam OceanGate hilang, perusahaan menghadapi beberapa peringatan saat mempersiapkan misinya.

David Lochridge, direktur operasi kelautan OceanGate, menulis laporan teknik pada tahun 2018 yang mengatakan kapal yang sedang dikembangkan membutuhkan lebih banyak pengujian dan bahwa penumpang dapat berada dalam risiko ketika mencapai “kedalaman ekstrem”, menurut gugatan yang diajukan tahun itu di Distrik A.S. Pengadilan. Seattle.

OceanGate menggugat Lochridge tahun itu, menuduhnya melanggar perjanjian rahasia, dan dia mengajukan gugatan balik yang menuduh dia dipecat secara salah karena mengajukan pertanyaan tentang pengujian dan keamanan. Kasus ini diselesaikan dengan persyaratan yang dirahasiakan beberapa bulan setelah diajukan.

Lebih lanjut, OceanGate mengatakan kapal itu dirancang untuk mencapai kedalaman 4 km (13.123 kaki), tempat Titanic beristirahat.

Namun, menurut Lochridge, area pandang penumpang hanya disertifikasi untuk kedalaman hingga 1.300 meter (4.265 kaki), dan OceanGate tidak akan membayar pabrikan untuk membangun area pandang yang disertifikasi untuk 4.000 meter.

Kapal selam Titan, dioperasikan oleh Ekspedisi OceanGate untuk menjelajahi bangkai kapal Titanic yang tenggelam di lepas pantai Newfoundland
Kapal selam Titan, dioperasikan oleh Ekspedisi OceanGate untuk menjelajahi reruntuhan Titanic yang tenggelam di lepas pantai Newfoundland, menyelam dalam foto tak bertanggal ini (File: Reuters)

OceanGate juga menerima peringatan lain pada tahun 2018, kali ini dari Marine Technology Society, yang menggambarkan dirinya sebagai kelompok profesional insinyur kelautan, teknolog, pembuat kebijakan, dan pendidik.

Surat tersebut, yang dilaporkan oleh New York Times, mengatakan bahwa anggota masyarakat khawatir bahwa “pendekatan eksperimental saat ini yang diadopsi oleh OceanGate dapat menyebabkan hasil negatif (dari kecil hingga bencana) dengan konsekuensi serius bagi semua orang di industri ini”. Penjaga Pantai AS mengatakan pencarian seluas 10.000 mil persegi (26.000 kilometer persegi) tidak menemukan tanda-tanda kapal selam yang hilang.

Data Pengeluaran Sydney