Pakistan menjadi tuan rumah kriket Piala Asia dengan Sri Lanka untuk menenangkan India | Berita Kriket

Pakistan menjadi tuan rumah kriket Piala Asia dengan Sri Lanka untuk menenangkan India |  Berita Kriket

Kompromi ditujukan untuk menghindari boikot oleh India, yang tidak bermain dalam seri bilateral melawan Pakistan di kedua sisi sejak 2012.

Itu Dewan Kriket Asia (ACC) menerima proposal hibrida Pakistan untuk menjadi tuan rumah Piala Asia setelah India menolak untuk melakukan tur karena hubungan yang tegang antara kedua negara Asia Selatan tersebut.

Pakistan akan menjadi tuan rumah empat pertandingan dan sembilan sisanya akan dimainkan di Sri Lanka, kata ACC dalam sebuah pernyataan pada Kamis.

Piala Asia akan dimainkan antara 31 Agustus dan 17 September tahun ini, kata pernyataan itu.

Pernyataan ACC tidak menyebutkan tempat turnamen atau tim mana yang akan bermain, tetapi dipahami bahwa pertandingan India akan diadakan di negara pulau itu.

Kompromi itu bertujuan untuk mencegah boikot oleh India, yang tidak bermain dalam seri bilateral melawan Pakistan di kedua sisi sejak 2012. Rival hanya bermain satu sama lain di turnamen internasional dengan alasan netral.

“Saya senang versi hybrid kami diterima untuk Piala Asia,” kata Najam Sethi, kepala Dewan Kriket Pakistan.

“Penggemar kami yang bersemangat akan senang melihat tim kriket India beraksi di Pakistan untuk pertama kalinya dalam 15 tahun, tetapi kami memahami posisi BCCI (Dewan Pengawas Kriket di India). Seperti PCB, BCCI juga memerlukan persetujuan dan izin pemerintah sebelum melintasi perbatasan.”

Kedua tuan rumah dan ACC akan beroperasi sesuai jadwal. Pakistan, Sri Lanka, Nepal, Afghanistan, Bangladesh dan India akan dibagi menjadi dua kelompok. Dua tim teratas di masing-masing maju ke Super Four dan dua tim teratas bermain di final.

Piala Asia akan berfungsi sebagai pelengkap Piala Dunia Kriket ke-50 di India pada Oktober-November. Dewan Kriket Internasional diharapkan mengumumkan jadwal acara minggu ini.

Dewan Kriket Pakistan mengancam akan memboikot Piala Dunia jika rekannya dari India menolak untuk bermain di Pakistan.

Kepala Dewan Kriket Oman dan wakil presiden ACC Pankaj Khimji turun tangan untuk menengahi kompromi antara kedua belah pihak, menurut laporan media.

Penggemar Pakistan menonton siaran langsung pertandingan Piala Asia 2022 antara India dan Pakistan, di Karachi (File: Shahzaib Akber/EPA)

India dan Pakistan adalah saingan politik yang sengit dan senjata nuklir telah berperang tiga kali sejak mereka dipisahkan dari partisi anak benua itu pada tahun 1947.

Setiap pertandingan kriket antara India dan Pakistan adalah salah satu acara yang paling banyak ditonton di kalender olahraga global.

Mereka terakhir memainkan seri bilateral pada tahun 2012 dan baru-baru ini saling berhadapan selama Piala Dunia T20 tahun lalu di Australia – pertandingan yang dimenangkan India dengan empat gawang.

Edisi terakhir Piala Asia dimainkan pada tahun 2022 di Uni Emirat Arab dalam format T20 sebagai turnamen persiapan untuk Piala Dunia T20 tahun itu.

sbobet mobile