Partai Demokrasi Baru Menang Telak di Pemilu Yunani | Berita Pemilu

Partai Demokrasi Baru Menang Telak di Pemilu Yunani |  Berita Pemilu

Partai Demokrasi Baru Yunani yang konservatif memenangkan pemilihan parlemen negara itu, dengan para pemilih memberi reformator Kyriakos Mitsotakis masa jabatan empat tahun lagi sebagai perdana menteri.

Hasil resmi dari hampir 90 persen pusat pemungutan suara nasional pada hari Minggu menunjukkan partai Mitsotakis dengan lebih dari 40 persen suara, dengan saingan utamanya, partai sayap kiri Syriza, menderita kekalahan telak dengan hanya di bawah 18 persen, bahkan lebih buruk daripada 20 persennya. dalam pemilihan terakhir di bulan Mei.

Mitsotakis memuji “mandat kuat” setelah kemenangan besar itu. “Orang-orang memberi kami mayoritas yang aman. Reformasi besar akan berjalan cepat,” katanya dalam pidato yang disiarkan televisi.

Demokrasi Baru diproyeksikan memenangkan sekitar 157 atau 158 dari 300 kursi di parlemen, karena perubahan undang-undang pemilu yang memberikan kursi bonus kepada partai yang menang. Pemilihan sebelumnya pada bulan Mei, yang diadakan di bawah sistem perwakilan proporsional, membuat partai tersebut kekurangan lima kursi dari mayoritas meskipun memenangkan 41 persen suara.

Pemungutan suara hari Minggu dilakukan lebih dari seminggu setelah sebuah kapal migran terbalik dan tenggelam di lepas pantai barat Yunani, menyebabkan ratusan orang tewas dan hilang dan mempertanyakan tindakan otoritas Yunani dan kebijakan migrasi ketat negara itu. Namun bencana tersebut, salah satu yang terburuk di Mediterania dalam beberapa tahun terakhir, tidak terlalu mempengaruhi pemilu, dengan masalah ekonomi domestik yang menjadi perhatian utama para pemilih.

John Psaropoulos dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Athena, mengatakan para pemilih terutama mengkhawatirkan ekonomi.

“Ini adalah sesuatu yang New Democracy tampaknya lebih percaya daripada Syriza. Karena ekonomi telah tumbuh lagi sejak 2019, dan pada tahun lalu terlihat pertumbuhan yang lebih tinggi daripada anggota Uni Eropa lainnya,” katanya.

“Demokrasi Baru telah meyakinkan orang-orang bahwa di bawah pengawasannya Yunani hampir mendapatkan kembali status kelas investasi untuk obligasi negaranya dan ini akan secara signifikan menurunkan biaya pinjaman – sekarang hampir lima persen, yang tinggi untuk Yunani.

“Jadi muncul pesan ‘Tetap bersama kami. Kami akan memberikan kepercayaan diri, kepercayaan diri di pasar internasional dan pertumbuhan serta pekerjaan yang akan membuat anak-anak Anda tetap di rumah’. Pesan ini sepertinya sampai ke para pemilih.”

Mitsotakis, 55, mengamankan masa jabatan empat tahun kedua sebagai perdana menteri setelah Demokrasi Baru menang dengan selisih besar pada Mei, tetapi tidak memiliki cukup kursi parlemen untuk membentuk pemerintahan.

Dengan undang-undang pemilu baru yang sekarang mendukung partai pemenang dengan kursi bonus, dia berharap dapat memenangkan kursi yang cukup untuk membentuk mayoritas yang kuat di parlemen.

Sistem pemilihan yang baru memberikan bonus antara 25 dan 50 kursi kepada partai pemenang, tergantung pada kinerjanya, sehingga memudahkan sebuah partai untuk memenangkan lebih dari 151 kursi yang dibutuhkan di parlemen untuk membentuk pemerintahan.

Pemimpin Partai Demokrasi Baru Kyriakos Mitsotakis berbicara selama rapat umum pra-pemilu di Lapangan Syntagma di Athena, Yunani, 23 Juni 2023 (George Vitsaras/EPA-EFE)

Saingan utama Mitsotakis adalah Alexis Tsipras, ketua berusia 48 tahun dari partai kiri Syriza, yang menjabat sebagai perdana menteri dari 2015 hingga 2019, selama beberapa tahun paling bergejolak dari krisis keuangan Yunani selama hampir satu dekade.

Tsipras bernasib buruk dalam pemilihan Mei, berada jauh di urutan kedua, 20 poin persentase di belakang Demokrasi Baru. Dia mencoba untuk menggalang basis pemilihnya, sebuah tugas yang diperumit oleh partai-partai sempalan yang dibentuk oleh beberapa mantan rekannya.

Jajak pendapat dalam bayang-bayang tragedi kapal

Pemilihan hari Minggu dilakukan setelah ratusan pengungsi dan migran tewas atau hilang di selatan Yunani ketika sebuah kapal pukat ikan yang penuh sesak terbalik dan tenggelam dalam perjalanan dari Libya ke Italia, memicu kritik tentang bagaimana otoritas Yunani menangani penyelamatan tersebut.

Ketika Yunani berangsur-angsur pulih dari krisis keuangannya yang brutal, para pemilih tampak senang untuk kembali berkuasa sebagai perdana menteri yang telah menghasilkan pertumbuhan ekonomi dan menurunkan pengangguran.

Lulusan Universitas Harvard, Mitsotakis berasal dari salah satu keluarga politik paling terkemuka di Yunani. Almarhum ayahnya Constantine Mitsotakis menjabat sebagai perdana menteri pada 1990-an, saudara perempuannya menjabat sebagai menteri luar negeri dan sepupunya adalah walikota Athena. Dia berjanji untuk mengubah citra Yunani sebagai anggota zona euro yang pro-bisnis dan bertanggung jawab secara fiskal.

Strategi tersebut telah berhasil sejauh ini: Demokrasi Baru menyapu lawan sayap kiri pada bulan Mei, menyapu kubu sosialis di pulau Kreta dan daerah berpenghasilan rendah di sekitar Athena, beberapa di antaranya untuk pertama kalinya.

Mengikuti jajak pendapat dan di belakang penampilannya yang sangat buruk dalam pemungutan suara Mei, Tsipras mendapati dirinya berjuang untuk kelangsungan politiknya. Kampanye politiknya menjelang pemilihan sebelumnya dipandang oleh banyak orang sebagai terlalu negatif, dan sangat berfokus pada skandal yang melanda pemerintahan Mitsotakis di akhir masa jabatannya.

Terlepas dari skandal tersebut, termasuk pengungkapan penyadapan yang menargetkan politisi dan jurnalis senior, dan kecelakaan kereta api yang mematikan pada 28 Februari yang mengungkap langkah-langkah keamanan yang lemah, Tsipras telah gagal membuat keuntungan yang signifikan terhadap Mitsotakis.

Dalam pemilihan Mei, yang diadakan di bawah sistem perwakilan proporsional, partai Mitsotakis kehilangan lima kursi, dan dia memutuskan untuk tidak mencoba membentuk pemerintahan koalisi, melainkan mencoba meningkatkan peluangnya dengan pemilihan kedua.

situs judi bola online