Penghitungan dimulai di Guatemala setelah pemilihan presiden yang memecah belah | Berita Pemilu

Penghitungan dimulai di Guatemala setelah pemilihan presiden yang memecah belah |  Berita Pemilu

Banyak orang Guatemala kecewa dengan pilihan tersebut setelah pihak berwenang mengecualikan tiga kandidat oposisi.

Penghitungan sedang berlangsung di Guatemala setelah pemilihan presiden yang diperebutkan dengan sengit yang didominasi oleh kekhawatiran atas korupsi dan biaya hidup, dengan pemungutan suara diperkirakan akan memasuki putaran kedua pada bulan Agustus.

Akses ke tempat pemungutan suara ditutup pada pukul 18:00 waktu setempat (00:00 GMT) pada hari Minggu dengan hasil sementara diperkirakan mulai pukul 21:30 (03:30 GMT).

Banyak orang Guatemala menyatakan kekecewaan atas pilihan presiden setelah pihak berwenang mengesampingkan tiga kandidat oposisi. Sejumlah besar surat suara yang tidak hadir diharapkan, dan para ahli mengatakan hal ini dapat merusak jumlah pemilih.

Mantan Ibu Negara Sandra Torres, dari partai Persatuan Harapan Nasional (UNE), diperkirakan akan memenangkan putaran pertama tetapi diperkirakan tidak akan mencapai 50 persen plus satu suara yang dibutuhkan untuk kemenangan langsung dalam kontes tersebut, yang menurut keadilan berada di bawah pengawasan internasional.

Pengusaha wanita berusia 67 tahun itu gagal mencalonkan diri sebagai presiden dua kali sebelumnya. Dia berafiliasi dengan partai Vamos (Let’s Go) yang berkuasa di legislatif saat ini.

Torres menempati posisi kedua dalam dua pemilihan presiden sebelumnya, tetapi dia dan partainya menghadapi tuduhan korupsi dan pendanaan kampanye ilegal. Dia membantah tuduhan tersebut dan berkampanye dengan janji untuk memperkuat program sosial untuk mengatasi kemiskinan di seluruh negeri.

Dia menghadapi lebih dari 20 kandidat lainnya, termasuk Edmond Mulet, seorang diplomat karier, dan Zury Rios, putri mendiang diktator Efrain Rios Montt.

Jose Luis Sanz, seorang jurnalis investigasi di outlet media digital El Faro, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa banyak orang Guatemala “merasa sulit” untuk menemukan kandidat yang mungkin membawa perubahan yang mereka harapkan.

Julio Valenzuela, seorang produser suara berusia 40 tahun, mengatakan dia menginginkan seorang pemimpin yang akan menepati janji kampanyenya.

“Apa yang kami orang Guatemala harapkan adalah bahwa semua yang mereka janjikan terpenuhi… Kami ingin mereka (politisi) mewujudkannya dan tidak hanya dengan wilayah perkotaan, tetapi juga di pedalaman,” katanya saat memberikan suara.

Kandidat presiden dari partai Cabal Edmond Mulet berbicara kepada media selama putaran pertama pemilihan presiden Guatemala di Guatemala City, Guatemala, 25 Juni 2023 (Josue Decavele/Reuters)

Mulet, 72, dengan partai sentris Cabal (Spot On), mengkampanyekan janji untuk memperkuat ekonomi dan berinvestasi dalam perawatan kesehatan, pendidikan, dan keamanan.

Kampanyenya dirundung tuduhan bahwa dia terlibat dalam operasi adopsi anak ilegal pada 1980-an, ketika ribuan bayi dan anak-anak diambil dari keluarga mereka dan diadopsi di luar negeri. Mulet membantah keras terlibat dalam skema tersebut.

Rios, 55, yang partai Valor (Keberanian) juga merupakan bagian dari koalisi legislatif yang berkuasa sebelumnya, diizinkan mencalonkan diri dalam pemilihan setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan pada Mei bahwa aturan yang dilarang oleh kerabat dari mereka yang merebut kekuasaan dalam kudeta. . untuk kantor seharusnya tidak berlaku untuknya. Dia berkampanye dengan agenda kejahatan yang keras.

Perlombaan untuk menggantikan Presiden konservatif Alejandro Giammattei, yang dibatasi oleh undang-undang untuk satu masa jabatan, telah dibayangi oleh keputusan pengadilan yang melarang empat kandidat dari pemungutan suara, termasuk pengusaha terdepan Carlos Pineda.

Amerika Serikat dan Uni Eropa mengkritik pengecualian Pineda, menyebut keputusan itu sebagai “kecurangan pemilu”.

Sekitar 9,2 juta warga Guatemala berhak memberikan suara mereka untuk memilih presiden dan wakil presiden berikutnya, serta 160 perwakilan di Kongres.

Ratusan pekerjaan lokal juga diperebutkan, serta 20 kursi di Parlemen Amerika Tengah.

login sbobet