Tornado, cuaca buruk bunuh 3 di Midwest AS | Berita Cuaca

Tornado, cuaca buruk bunuh 3 di Midwest AS |  Berita Cuaca

Kematian dilaporkan di Indiana, Arkansas setelah beberapa tornado menumbangkan pohon dan merusak rumah, kata pihak berwenang.

Setidaknya tiga orang tewas setelah badai hebat melanda negara bagian Indiana dan Arkansas di AS, kata pihak berwenang setempat, sementara beberapa tornado mendarat di beberapa daerah.

Tornado dilaporkan Minggu sore di bagian selatan Indiana, menurut National Weather Service.

Gambar dan rekaman dari media lokal menunjukkan pohon tumbang menghalangi jalan dan merusak rumah. Badai es besar juga dilaporkan di Indiana dan negara bagian terdekat, kata para pejabat.

Pejabat darurat dari Martin County, Indiana, mengkonfirmasi satu kematian. Rekan korban yang terluka diterbangkan ke rumah sakit, kata Direktur Manajemen Darurat Cameron Wolf.

Pasangan itu tinggal di pondok kayu berlantai dua, yang hancur, kata pihak berwenang. Rincian lebih lanjut tidak segera tersedia.

“Kerusakan itu acak. Ini agak meluas,” kata Wolf dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Amerika PBS. Daerah yang paling terpukul jarang berpenduduk, katanya.

Di Arkansas, dua orang juga tewas setelah sebuah pohon tumbang menimpa sebuah rumah di Carlisle pada Minggu malam di tengah badai hebat, kata Kantor Sheriff Kabupaten Lonoke kepada afiliasi CBS News. Orang ketiga selamat.

Sementara itu, sekitar 75 rumah rusak di Johnson County, Indiana — terletak di selatan ibu kota negara bagian, Indianapolis — termasuk di kota Greenwood dan Bargersville, kata para pejabat.

“Jelas, ini adalah pemandangan yang sangat berbahaya bagi daerah tersebut,” kata Kepala Pemadam Kebakaran Bargersville Eric Funkhouser dalam konferensi pers. “Kami memiliki saluran listrik yang putus di sepanjang area 3 mil itu.”

Atap rumah rusak parah setelah tornado mendarat di Johnson County, Indiana (WRTV via AP Photo)

Berbicara kepada Indianapolis Star, Kimber Olson, 42, mengatakan dia menyuruh putranya yang berusia delapan tahun untuk duduk di bak mandi. Dia kemudian pergi keluar dan memfilmkan apa yang tampak seperti dua tiang tornado di dekat rumahnya di Bargersville.

“Suaranya memekakkan telinga,” kata Olson. “Kamu tidak akan pernah melupakan suaranya. Telingamu muncul dengan cara yang aneh. Anda mendapatkan cincin di telinga Anda.

Setelah tornado mendekat, dia masuk ke dalam, menutup semua pintu dan melompat ke bak mandi bersama putranya, katanya.

Dia mendengar kaca meledak saat jendelanya pecah.

“Setiap badai aku akan ketakutan,” katanya. “Aku akan memeriksa – sangat, sangat waspada.”

Kru survei dijadwalkan untuk mengunjungi wilayah Martin, Johnson, Daviess dan Monroe pada hari Senin untuk menilai kerusakan, menurut kantor Layanan Cuaca Nasional di Indianapolis.

Pada Senin pagi, sekitar setengah juta pelanggan utilitas menghadapi pemadaman listrik karena cuaca di Amerika Midwest dan Selatan, menurut situs pelacakan energi PowerOutage.us.

Beberapa hari yang lalu, setidaknya satu orang tewas dan sekitar dua lusin lainnya luka-luka saat tornado menghantam Mississippi tengah.

Gelombang panas yang berbahaya membantu menelurkan tornado mematikan di Texas dan Florida, di mana setidaknya empat orang tewas dalam badai bulan ini.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Buletin Masyarakat Meteorologi Amerika menyarankan bahwa jenis badai hebat yang diketahui menghasilkan tornado diperkirakan akan meningkat seiring dengan kenaikan suhu akibat perubahan iklim.

Data SGP