Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa penting, hari ke 489 | Berita perang Rusia-Ukraina

Perang Rusia-Ukraina: Daftar peristiwa penting, hari ke 489 |  Berita perang Rusia-Ukraina

Saat perang memasuki hari ke-489, ini adalah perkembangan terpenting.

Demikian situasi yang terjadi pada Selasa, 27 Juni 2023.

Pemberontakan Wagner jatuh

  • Berbicara di televisi pemerintah, Presiden Rusia Vladimir Putin berterima kasih kepada pasukan keamanan dan warga Rusia karena menentang pemberontakan Grup Wagner dan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko karena menengahi bos Wagner Yevgeny Prigozhin. Putin mengatakan dia akan menepati janjinya untuk mengizinkan tentara Wagner pindah ke Belarus jika mereka mau, menandatangani kontrak dengan kementerian pertahanan Rusia atau kembali ke keluarga mereka.
  • Putin juga memberikan penghormatan kepada pilot yang tewas dalam pemberontakan akhir pekan yang gagal, membenarkan laporan sebelumnya oleh blogger militer bahwa beberapa pesawat telah ditembak jatuh. “Keberanian dan pengorbanan diri pilot-pahlawan yang gugur menyelamatkan Rusia dari konsekuensi yang tragis dan menghancurkan,” kata Putin. Dia tidak mengatakan berapa banyak pilot yang tewas atau berapa banyak pesawat yang ditembak jatuh.
  • Prigozhin merilis pesan audio berdurasi 11 menit di Telegram pada akhir pekan untuk membela “pawai tentaranya ke Moskow”, dengan mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan protes terhadap kepemimpinan militer Rusia, bukan percobaan kudeta. Dia tidak memberikan perincian tentang lokasinya atau rencana masa depannya.
  • Terlepas dari kesepakatan yang diumumkan sebelumnya untuk mengakhiri pemberontakan Wagner, Prigozhin tetap diselidiki karena mencoba mengorganisir pemberontakan bersenjata, menurut kantor berita Rusia. “Kasus pidana terhadap (Yevgeny) Prigozhin belum dibatalkan,” kata tiga kantor berita utama Rusia mengutip sumber di kantor kejaksaan.
  • Kementerian Pertahanan Rusia merilis sebuah video yang memperlihatkan Menteri Pertahanan Sergey Shoigu mengunjungi pasukan di Ukraina dalam penampilan publik pertamanya sejak pemberontakan Wagner yang gagal.
  • Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin mengatakan negara itu menghadapi “tantangan terhadap stabilitasnya” dan harus tetap bersatu. Dia berbicara pada pertemuan pemerintah tentang persatuan nasional, yang disiarkan di TV.
  • Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa Washington dan NATO tidak terlibat dalam pemberontakan Wagner. Biden mengatakan dia telah berbicara dengan “sekutu utama” setelah peristiwa itu dan mereka sepakat bahwa penting untuk memberi Putin “tidak ada alasan untuk menyalahkan Barat”. Departemen Luar Negeri mengatakan sebelumnya bahwa Duta Besar AS Lynne Tracy menghubungi Rusia secara langsung pada hari Sabtu dan menegaskan bahwa AS tidak terlibat.
  • China mengatakan pemberontakan itu adalah “masalah internal” Rusia dan menegaskan kembali peran Beijing sebagai “tetangga yang ramah dan mitra kemitraan strategis yang komprehensif di era baru”.
  • Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan pada pertemuan para menteri luar negeri blok itu bahwa invasi Moskow ke Ukraina memecah belah kekuatan Rusia dan bahwa ketidakstabilan di negara bersenjata nuklir itu “bukan hal yang baik”.
  • Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pemberontakan Wagner yang berumur pendek menunjukkan kelemahan para pemimpin Rusia dan sejauh mana kesalahan strategis Kremlin dalam perang melawan Ukraina.
  • Presiden Lithuania Gitanas Nauseda mengatakan invasi Rusia ke Ukraina dan pemberontakan Wagner menyoroti perlunya kehadiran NATO yang lebih kuat di sepanjang sisi timur aliansi keamanan itu.
  • Putin berbicara di telepon dengan sejumlah pemimpin dunia, termasuk Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Presiden Iran Ebrahim Raisi, dan Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Kremlin mengatakan para pemimpin menunjukkan dukungan mereka atas tindakan Rusia pada 24 Juni.
  • Sebuah pernyataan dari kantor berita negara Qatar QNA mengatakan Sheikh Tamim “menegaskan posisi Qatar untuk menyerukan penyelesaian perbedaan melalui dialog dan sarana diplomatik” dan menyerukan “kebutuhan untuk melindungi kedaulatan Ukraina dan integritas teritorial dalam menghormati perbatasan yang diakui secara internasional”.

Bertarung

  • Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengunjungi garis depan di wilayah Donetsk timur, yang sebagian diduduki oleh pasukan Rusia. Menurut pernyataan dari kantornya, Zelenskyy mengunjungi unit-unit militer yang terlibat dalam pertempuran sengit di sekitar kota Bakhmut dan bertemu dengan tentara yang sedang bersantai di pom bensin jalan raya. “Hari ini, di semua sektor, tentara kami membuat kemajuan,” katanya dalam pidato video malamnya yang direkam di kereta.
  • Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan Ukraina telah membebaskan sekitar 130 kilometer persegi (50 mil persegi) wilayah di Ukraina selatan sejak awal serangan balasannya. Maliar kemudian mengatakan Ukraina juga mendorong pasukan Rusia keluar dari kota tenggara Rivnopil.
  • Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Inggris dan sekutunya telah melatih lebih dari 17.000 rekrut Ukraina dalam satu tahun terakhir.
  • Serhiy Lysak, gubernur wilayah Dnipropetrovsk Ukraina, mengatakan sedikitnya dua orang tewas ketika artileri Rusia menghantam Nikopol. Satu orang terluka.
Volodymyr Zelenskyy berjabat tangan dengan tentara Ukraina di dekat garis depan di Donetsk.  Dia mengenakan T-shirt khaki dan memegang minuman takeaway di tangan kirinya.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyapa tentara di sebuah pom bensin saat berkunjung ke wilayah Donetsk timur pada hari Senin (Layanan Pers Kepresidenan Ukraina melalui AFP)

Diplomasi

  • Swedia mengumumkan tambahan 380 juta kroner ($35 juta) sebagai bantuan “paket musim panas kemanusiaan” untuk Ukraina. Paket tersebut secara khusus akan menargetkan “kebutuhan paling akut” termasuk makanan dan air, perawatan kesehatan, dan pembersihan ranjau.
  • Seorang wanita Ukraina telah mengajukan tuntutan di Jerman terhadap empat anggota militer Rusia karena diduga memperkosanya dan membunuh suaminya dalam serangan “beberapa minggu” setelah dimulainya invasi besar-besaran Moskow. Pengaduan diajukan ke jaksa federal Jerman di Karlsruhe bersama dengan kelompok hak asasi manusia ECCHR dan LSM Kelompok Penasihat Hukum Ukraina.

Lengan

  • Australia telah mengumumkan paket bantuan baru untuk Ukraina senilai 110 juta dolar Australia ($73,5 juta) yang mencakup 70 lebih kendaraan militer serta pengiriman amunisi.
  • Negara-negara Uni Eropa setuju untuk meningkatkan jumlah maksimum dana bantuan militer Ukraina sebesar 3,5 miliar euro ($3,8 miliar), sehingga jumlah totalnya menjadi 12 miliar euro ($13.089 miliar).
  • Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan rudal jarak jauh Storm Shadow yang dipasok Inggris memiliki “dampak signifikan” di medan perang di Ukraina.

Togel Singapura