Topan Biparjoy Menerjang India, Pakistan: Yang Kita Ketahui Sejauh Ini | Berita Cuaca

Topan Biparjoy Menerjang India, Pakistan: Yang Kita Ketahui Sejauh Ini |  Berita Cuaca

India dan Pakistan bersiap menghadapi topan parah pertama tahun ini, yang diperkirakan akan melanda negara-negara Asia Selatan minggu ini.

Pihak berwenang membuat persiapan darurat saat Topan Biparjoy mendekati wilayah pesisir mereka di Laut Arab.

(Al Jazeera)

Inilah yang kami ketahui sejauh ini tentang topan dan tindakan pencegahan yang dilakukan di India dan Pakistan:

Di mana dan kapan siklon akan mendarat?

Dari Laut Arab, Topan Biparjoy menuju provinsi Sindh selatan Pakistan dan garis pantai negara bagian Gujarat di India barat.

Topan tersebut kemungkinan akan mempengaruhi Karachi, kota terbesar di Pakistan dengan 20 juta penduduk, serta dua pelabuhan terbesar di India, Mundra dan Kandla, di negara bagian Gujarat, selain daerah lain di kedua negara tersebut.

Kantor cuaca India mengatakan pada hari Selasa bahwa topan diperkirakan akan melanda Pakistan dan pantai India pada Kamis malam.

Topan Biparjoy Pakistan
Penduduk desa menunggu untuk dievakuasi ke kamp bantuan pemerintah di distrik Sujawal, provinsi Sindh Pakistan (Rizwan Tabassum/AFP)

Seberapa kuat Topan Biparjoy?

Topan Biparjoy tergolong badai siklon yang sangat parah.

Menurut Departemen Meteorologi India (IMD), diperkirakan akan mendarat dengan angin berkelanjutan maksimum 125-135 km (78-84 mil) per jam, dengan hembusan hingga 150 km (93 mil) per jam.

Itu sudah membunuh orang di India sebelum mendarat.

Gelombang tinggi di Laut Arab, disertai hujan lebat dan angin kencang, menghantam wilayah pesisir Gujarat, menumbangkan pepohonan dan menyebabkan runtuhnya tembok, yang menurut pihak berwenang menewaskan tiga orang di distrik Kutch dan Rajkot di negara bagian itu.

Polisi di Mumbai, kota metropolis barat India di selatan Gujarat, mengatakan empat anak laki-laki tenggelam di pantai Juhu pada Senin malam.

Seorang petugas polisi mencoba untuk memindahkan orang menjauh saat gelombang pasang menghantam pantai Laut Arab di India
Seorang petugas polisi mencoba untuk memindahkan orang-orang saat ombak besar pecah di Mumbai (Rafiq Maqbool/AP)

Bagaimana persiapan India?

Ribuan orang dievakuasi dari daerah pesisir dan operasi penangkapan ikan di Gujarat telah ditangguhkan hingga Jumat sementara sekolah-sekolah dinyatakan libur.

Gujarat adalah rumah bagi banyak instalasi minyak lepas pantai dan pelabuhan utama di negara itu dan sebagian besar telah terpaksa menangguhkan operasinya.

Menurut pemerintah, 21 tim dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional dan 13 tim dari Pasukan Tanggap Bencana Negara telah dikerahkan di negara bagian untuk pekerjaan penyelamatan.

Pelabuhan Kandla dan Mundra di Gujarat telah menangguhkan operasinya, kata pemerintah negara bagian. Pelabuhan lain termasuk Bedi, Navlakhi, Porbandar, Okha, Pipavav dan Bhavnagar juga telah ditutup karena topan tersebut, menurut laporan.

Topan Biparjoy
Seorang wanita berdiri di samping rumahnya saat ombak besar menghantam Mumbai (foto Rafiq Maqbool/AP)

Reliance Industries, yang mengoperasikan kompleks penyulingan terbesar di dunia di Jamnagar Gujarat, menyatakan force majeure, menangguhkan ekspor solar dan produk minyak lainnya dari pelabuhan negara bagian Sikka karena badai tersebut.

Bisnis pelabuhan konglomerat Adani, Adani Ports, mengatakan telah menangguhkan operasi kapal pada Senin di Mundra, pelabuhan komersial terbesar di India yang memiliki terminal impor batu bara terbesar di negara itu, dan juga di pelabuhan Tuna dekat Kandla.

Penjaga Pantai India mengatakan telah mengevakuasi 50 personel dari kilang minyak jack-up di lepas pantai Gujarat bernama Key Singapore, yang dimiliki oleh Shelf Drilling yang berbasis di Dubai, menurut situs web Shelf Drilling.

Apa yang dilakukan Pakistan?

Di Pakistan, sebagian masyarakat pesisir di provinsi Sindh selatan diperkirakan akan mengalami gelombang badai.

Departemen Meteorologi Pakistan telah memperingatkan bahwa rumah-rumah tradisional dari lumpur dan jerami, yang menampung orang-orang termiskin di Pakistan, akan rentan terhadap kehancuran akibat angin kencang.

Pihak berwenang mengatakan keadaan darurat diumumkan saat mereka memulai upaya evakuasi untuk memindahkan kerangka 80.000 warga keluar dari jalan topan yang mendekat.

Personil penanggulangan bencana dikerahkan ke daerah dan kota yang akan dilalui badai.

Keluaran HK