Trump Mendengar Dokumen Rahasia Iran Dibahas Dalam Audio: Media AS | Berita Donald Trump

Trump Mendengar Dokumen Rahasia Iran Dibahas Dalam Audio: Media AS |  Berita Donald Trump

Dugaan rekaman audio 2021 adalah bukti penting dalam kasus federal terhadap mantan presiden AS, kata laporan.

Outlet media di Amerika Serikat telah merilis rekaman audio mantan Presiden Donald Trump yang diduga membual tentang dokumen rahasia selama pertemuan tahun 2021.

Dalam rekaman berdurasi hampir dua menit, yang pertama kali disiarkan oleh CNN pada hari Senin, Trump mengakui bahwa dia tidak mendeklasifikasikannya sebelum meninggalkan jabatannya.

Percakapan itu terjadi di Klub Golf Bedminster di New Jersey dengan dua anggota staf, seorang penerbit dan penulis bukunya yang akan datang, kata laporan itu.

Trump di sebuah acara di New Jersey setelah persidangannya atas tuduhan surat kabar rahasia (Amr Alfiky/Reuters)

Trump dilaporkan berbicara tentang memegang dokumen rahasia Pentagon dengan rencana untuk menyerang Iran, mengutip Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan saat itu.

“Nah, dengan Milley – coba saya lihat. Saya akan menunjukkan kepada Anda sebuah contoh,” kata Trump, menurut laporan media.

“Dia bilang saya ingin menyerang Iran – bukankah itu bagus? Saya memiliki setumpuk besar kertas. Hal ini baru saja muncul, lihat. Itu dia. Mereka menawarkannya kepada saya,” katanya sambil mengocok kertas-kertas itu.

“Ini seperti sangat rahasia, rahasia. Ini adalah informasi rahasia. Lihat, lihat ini. Anda menyerang dan …” kata Trump, menurut transkrip.

“Lihat, sebagai presiden saya bisa saja mendeklasifikasi, tapi sekarang saya tidak bisa, Anda tahu. Tapi itu klasik,” kata Trump terdengar. “Bukankah itu menarik? Ini sangat keren.”

Pada satu titik dalam rekaman itu, Trump terdengar berkata: “Anda mungkin tidak mempercayai saya, tetapi sekarang Anda percaya. Itu luar biasa.”

Dalam dakwaan Trump dan ajudannya, Walt Nauta, penasihat khusus Jack Smith menyebut rekaman pertemuan sebagai bukti.

Trump mengklaim rekaman ‘dibocorkan secara ilegal’

Trump mengaku tidak bersalah atas 37 dakwaan yang diajukan oleh jaksa federal pada 14 Juni terkait dengan dugaan penyimpanan catatan rahasia pemerintah setelah dia meninggalkan jabatannya.

Pada 19 Juni, dia mengatakan tidak ada dokumen rahasia saat survei dilakukan.

Menyusul perilisan rekaman, Trump menggunakan platform media sosialnya untuk meledakkan Smith.

“Jaksa Khusus Gila Jack Smith, bekerja dengan DOJ & FBI, secara ilegal membocorkan dan ‘memutar’ rekaman dan transkrip saya yang sebenarnya merupakan pembebasan, daripada apa yang mereka ingin Anda percayai,” katanya.

“Perburuan penyihir yang sedang berlangsung ini adalah penipuan GANGGUAN PEMILU lainnya. Mereka penipu dan preman!” dia menulis.

Result SGP