Bagaimana cara kerja pemilu Sierra Leone? Panduan Dasar | Berita Pemilu

Bagaimana cara kerja pemilu Sierra Leone?  Panduan Dasar |  Berita Pemilu

Sierra Leone, salah satu negara terkecil namun tertua di Afrika Barat, akan memilih presiden dan pemerintahan baru bulan Juni ini. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang partai, pemimpin, dan masalah utama pemilu.

Pada 24 Juni 2023, 3,4 juta warga Sierra Leone akan pergi ke tempat pemungutan suara untuk memilih presiden baru. Ini akan menjadi pemilu kelima sejak perang saudara selama 10 tahun yang brutal – dan diharapkan mengikuti sifat damai dan agak demokratis dari empat pendahulunya.

Dua kandidat ternama berlomba-lomba memimpin negara berpenduduk 8,4 juta jiwa ini. Petahana, Presiden Julius Maada Bio, sedang mencalonkan diri kembali dan telah berjanji untuk memprioritaskan peningkatan akses ke pendidikan publik dan meningkatkan produksi pertanian.

Samura Kamara, runner-up dalam pemilihan presiden terakhir tahun 2018, adalah kandidat lain untuk posisi puncak negara.

Samura Kamara, kandidat oposisi di Sierra Leone (Al Jazeera)

Selain pemilihan presiden, Sierra Leone juga akan mengadakan pemilihan parlemen dan dewan lokal. Parlemen terakhir, yang dibubarkan pada 25 April, terdiri dari 132 anggota yang dipilih langsung (MP) dan 14 anggota utama parlemen (PCMP).

Parlemen baru akan terdiri dari 135 anggota parlemen dan 14 PCMP setelah pemilihan 24 Juni.

Berbeda dengan pemilihan presiden, pemungutan suara akan dilakukan di bawah sistem perwakilan proporsional blok distrik, berlawanan dengan sistem first-past-the-post berbasis konstituen yang digunakan sejak 2007.

Pemilihan PCMP juga akan berlangsung pada 24 Juni.

Majelis Parlemen di Sierra Leone (Al Jazeera)

Bagaimana orang memilih?

  • Ada 3.374.258 warga Sierra Leone terdaftar untuk memberikan suara pada pemilu 2023 – meningkat 195.595 dari 2018.
  • Pemungutan suara dilakukan secara manual dengan metode secret ballot dan pemilih akan memilih calon presiden dan walikota secara bersamaan.
  • Karena sistem perwakilan proporsional akan digunakan untuk memilih anggota parlemen dan anggota dewan, pemilih akan memberikan suara mereka secara terpisah untuk kedua posisi tersebut. Di babak ini, pemilih memilih partai politik pilihan mereka, bukan langsung memilih calon perseorangan.
  • Suara dihitung secara fisik di tempat pemungutan suara dan secara elektronik di pusat penghitungan distrik dan regional yang dipimpin oleh Komisi Pemilihan untuk Sierra Leone (ECSL), yang mengelola pemilihan nasional negara tersebut.
  • Di TPS, surat suara melalui lima tahap — penyaringan, reunifikasi, rekonsiliasi, penyortiran, dan penghitungan. Setelah penghitungan, petugas ketua stasiun mengumumkan hasil untuk dicatat oleh agen dan pengamat.
  • Hasilnya kemudian dicatat dalam formulir rekonsiliasi dan hasil (RRF). Hasil sementara dari semua TPS dikirim ke pusat kompilasi distrik dan regional untuk penghitungan elektronik.
  • Komisioner daerah di masing-masing daerah akan mengumumkan hasil sementara melalui media tradisional. Hasil awal ini akan dihitung lebih lanjut di National Score Center (NTC). Hasil akhir akan diumumkan oleh Ketua KPU melalui media massa tradisional.

Beri suara sekilas di Sierra Leone (Al Jazeera)

Kemenangan diumumkan

  • Untuk dinyatakan sebagai pemenang, calon presiden harus memperoleh 55 persen dari total suara. Jika hal ini tidak tercapai pada pemungutan suara putaran pertama, pemilihan ulang akan dilakukan antara dua kandidat dengan suara terbanyak—seperti yang terjadi pada pemilu 2018.
  • Sistem perwakilan proporsional akan digunakan untuk memilih anggota parlemen dan anggota dewan.
  • Kursi parlemen dialokasikan berdasarkan wilayah. Pembagian 135 kursi per wilayah adalah sebagai berikut: timur 32 kursi, utara 26 kursi, barat laut 21 kursi, selatan 30 kursi, dan barat 26 kursi.
  • Partai politik atau calon independen harus mencapai ambang batas 11,9 persen untuk anggota parlemen dan 4,5 persen untuk anggota dewan untuk memperoleh kursi atau jatah kursi. Ketika ambang batas tercapai, partai atau calon independen kemudian menerima bagian kursi berdasarkan proporsi suara yang diterima.

Cara kerja pemungutan suara di Sierra Leone (Al Jazeera).

Data HK