Bagaimana Emefiele, Gubernur Bank Sentral Nigeria yang Kuat Kehilangan Kursinya | Berita Bisnis dan Ekonomi

Bagaimana Emefiele, Gubernur Bank Sentral Nigeria yang Kuat Kehilangan Kursinya |  Berita Bisnis dan Ekonomi

Lagos, Nigeria – Jumat lalu, presiden baru Nigeria Bola Tinubu menangguhkan gubernur bank sentral negara itu, Godwin Emefiele. Pada hari Sabtu, polisi rahasia Nigeria mengonfirmasi bahwa mantan bankir top itu telah ditangkap dan ditahan untuk diinterogasi.

Tuduhan itu tidak diungkapkan, tetapi siaran pers pemerintah mengutip “penyelidikan yang sedang berlangsung di kantornya dan reformasi yang direncanakan di sektor keuangan ekonomi” sebagai alasan penangguhan.

Ini menutup jatuhnya salah satu orang paling berkuasa di pemerintahan Nigeria.

Ditunjuk oleh Presiden Goodluck Johnathan saat itu sebagai kepala bank sentral ekonomi terbesar Afrika pada tahun 2014, Emefiele menjadi gubernur bank terlama kedua setelah masa jabatannya diperbarui oleh mantan Presiden Muhammadu Buhari.

Pemerintahan Buhari antara 2015 dan 2023 membawa Nigeria ke dalam dua resesi. Inflasi mencapai rekor tertinggi dalam 18 tahun sebesar 22,22 persen, dan profil utang negara naik menjadi lebih dari $150 miliar, juga rekor dan lebih dari tiga kali utang yang ditinggalkan oleh pemerintah sebelumnya, menurut Kantor Manajemen Utang.

Emefiele menjabat delapan tahun di bawah Buhari dan mengawasi penurunan ekonomi terbesar Nigeria.

“Dia tidak memiliki visi untuk kebijakan moneter negara. Dia naik ke puncak karirnya sebagai orang ya bagi mereka yang menempatkannya pada posisinya,” kata Cheta Nwanze, mitra utama di SBM Intelligence, sebuah konsultan geo-politik, kepada Al Jazeera.

‘Kaisar Meffy’

Berdasarkan konvensi, para gubernur bank sentral bekerja dalam bayang-bayang dan menjaga jarak dari politik. Tetapi analis mengatakan Emefiele memainkan peran utama baik dalam politik maupun ekonomi sebagai gubernur bank puncak.

“Ungkapan yang akan saya gunakan untuk mencirikan CBN (Bank Sentral Nigeria) pada periode ini adalah mahakuasa,” kata Michael Famoroti, kepala intelijen di firma wawasan bisnis dan ekonomi Stears dan mantan kepala ekonom di Vetiva Capital. “Untuk pertama kalinya dalam sejarah ekonomi Nigeria, kami memiliki bank sentral yang pada dasarnya merupakan bentuk otoritas ekonomi paling kuat di negara ini… Itu (kekuasaan) biasanya antara Kementerian Keuangan, kantor anggaran atau ekonomi kepresidenan. Dewan. “

Tapi nasib ekonomi Nigeria akan menempatkan negara pada jurang, dan status Emefiele akan menjadi stratosfer.

Pada 2015, ketika cadangan devisa terpukul, CBN menempatkan 41 item, termasuk komoditas pokok seperti beras, semen, dan pakaian, dalam pembatasan devisa. Idenya bukan hanya untuk mendorong produksi lokal dari produk-produk tersebut, tetapi juga untuk mencegah importir komoditas tersebut mengakses dolar AS yang semakin langka di pasar resmi.

Inflasi Nigeria mencapai rekor tertinggi lebih dari 22 persen sepanjang tahun ini (File: Akintunde Akinleye/EPA-EFE)

Tetapi langkah tersebut menjadi bumerang karena memicu pasar gelap untuk dolar AS dan berbagai nilai tukar, yang menurut para analis menghancurkan naira dan mendorong orang biasa Nigeria untuk membeli dolar dengan harga lebih tinggi sementara penjual menikmati arbitrase.

“Itu adalah titik kritis. Ada begitu banyak tekanan pada sistem dan (pasar gelap) mulai berfungsi sebagai pasar terpisah dengan kehidupannya sendiri,” kata Wilson Erumebor, ekonom senior di Nigeria Economic Summit Group.

Untuk menghentikan naira agar tidak runtuh, Emefiele mengambil beberapa langkah yang tidak ortodoks. Dia memerintahkan penebangan pohon tempat pedagang pasar gelap bekerja di ibu kota; larangan ditempatkan pada perdagangan cryptocurrency, inisiatif alternatif yang sedang berkembang yang populer di kalangan anak muda yang melindungi uang mereka terhadap kenaikan inflasi; dan melarang situs web yang melaporkan nilai dolar di pasar gelap, di antara beberapa tindakan lainnya.

Surat edaran mingguan CBN selama bertahun-tahun telah menjadi terkenal di antara orang Nigeria karena lebih banyak barang telah dilarang atau pembatasan yang lebih ketat pada transaksi keuangan telah diberlakukan, membuat gubernur mendapat julukan “Kaisar Meffy”, korupsi namanya.

“Orang-orang tidak yakin apa arah kebijakan pada nilai tukar. Apa kebijakan selanjutnya yang keluar besok? Apa yang akan dilarang besok? Semua ketidaksesuaian itu menimbulkan kepanikan di pasar dan orang-orang mulai pindah ke pasar tidak resmi,” kata Erumebor.

Inflasi terus meningkat dari tahun ke tahun dan dengan penurunan nilai naira, statistik menunjukkan bahwa orang Nigeria menjadi lebih miskin. Sekitar 133 juta dari 220 juta penduduk negara itu sekarang hidup dalam kemiskinan multidimensi – di mana mereka tidak hanya miskin secara finansial tetapi juga kurang memiliki akses ke layanan pendidikan dan infrastruktur dasar, menurut laporan tahun 2022 dari Biro Statistik Nasional.

Faktor eksternal seperti pandemi COVID-19 dan perang di Ukraina tidak diragukan lagi mempengaruhi ekonomi dan berkontribusi terhadap inflasi, tetapi para ahli berpendapat bahwa arah kebijakan moneter bank sentral juga menyebabkan inflasi naik dari kenaikan satu digit (antara 6 persen dan 9 persen pada tahun 2014) menjadi peningkatan permanen dua digit sebesar 22 persen ke atas sepanjang tahun ini.

‘Menghancurkan independensi bank sentral’

CBN Emefiele meminjamkan pemerintah 22,7 triliun naira ($49 miliar) di bawah klausul Ways and Means Advances yang hanya dapat diaktifkan jika pemerintah menghadapi kekurangan pendapatan sementara. Langkah tersebut membuat media lokal menyebut bank apex sebagai “penekan” bagi pemerintah.

Seorang pria membawa uang kertas naira Nigeria di pasar ternak di Abuja, Nigeria
Media lokal menyebut bank sentral Nigeria sebagai ‘pers’ bagi pemerintah (File: Afolabi Sotunde / Reuters)

Selain itu, undang-undang CBN hanya mengizinkan pinjaman sebesar lima persen dari pendapatan pemerintah tahun sebelumnya, tetapi bank tersebut secara ilegal melebihi patokan setiap tahun, terkadang hingga 30 persen. Ini telah berkontribusi pada inflasi, kata para ahli.

Di akhir masa jabatan Presiden Buhari, parlemen negara mengubah undang-undang yang mengizinkan pinjaman kepada pemerintah hingga 15 persen dan mengubah pinjaman menjadi obligasi 40 tahun.

“Ketika kita memotong semuanya ke tingkat dasar, bank sentral telah mendanai pemerintah selama beberapa tahun terakhir sampai-sampai tanpa pendanaan bank sentral itu, pemerintah tidak akan dapat memenuhi kewajibannya,” kata Stears’ Famorot. .

Tapi reputasi Emefiele melampaui kebijakan moneternya. Ketika ekonomi Nigeria mencapai titik terendah baru dalam enam tahun terakhir, menjadi sulit untuk memisahkan Emefiele dari politik saat dia menjadi terkenal.

Ketika ribuan pemuda turun ke jalan untuk memprotes kebrutalan polisi pada Oktober 2020, bank sentral memerintahkan agar rekening bank para pemimpin protes terpilih dibekukan tanpa perintah pengadilan.

Tetapi busur ambisi Emefiele akan mengarah pada pencalonan presiden yang hancur dan belum pernah terjadi sebelumnya pada Mei 2022 yang melanggar konstitusi negara, yang menetapkan bahwa gubernur bank sentral, untuk melindungi independensi bank sentral, tidak dapat berpartisipasi dalam politik partisan.

“Saya pikir bencana sebenarnya dari Emefiele belum tentu dalam kebijakan moneter, tetapi dalam penghancuran independensi bank sentral,” kata Nwanze dari STC Intelligence. “Di masa mendatang, jabatan itu akan menjadi instrumen politik dan itu benar-benar warisan Emefiele.”

Kejatuhan terbesarnya ternyata adalah desain ulang mata uang yang dikritik secara luas.

Awal tahun ini, gubernur mengubah desain denominasi yang lebih tinggi menjelang pemilihan umum, membatalkan mata uang lama dalam periode enam minggu. Alasan resminya adalah untuk mengembalikan kelebihan uang tunai ke dalam sistem perbankan dan memperkenalkan sistem tanpa uang tunai sejalan dengan peluncuran naira eNaira, mata uang digitalnya, pada tahun 2021.

“Argumentasinya tidak terlalu jelas. Keluhannya adalah terlalu banyak yang berada di luar sistem perbankan. Tetapi mengapa kita harus begitu khawatir tentang memiliki uang tunai di luar sistem perbankan ketika uang beredar terhadap PDB (produk domestik bruto) tampaknya paling rendah dibandingkan dengan negara lain yang telah membuat begitu banyak kemajuan dengan kebijakan nontunai? Erumebor bertanya.

Dengan pemilu yang semakin dekat, desain ulang mata uang dipandang politis. Pejabat pemerintah mengatakan langkah itu akan menghancurkan simpanan uang yang diyakini berada dalam tahanan politisi untuk digunakan mempengaruhi pemilih.

Rencana tersebut menjadi bumerang dan menyebabkan pasar gelap naira. Kebijakan tersebut kemudian ditangguhkan, namun sebelumnya memicu krisis dalam sistem perbankan. Menurut STC laporankebijakan tanpa uang tunai berdampak luas karena orang dan bisnis tidak dapat mengakses uang tunai, bersama dengan beberapa pemadaman internet.

Harga barang dan jasa melonjak di pusat-pusat perkotaan antara Desember 2022, ketika kebijakan dimulai, dan saat pemilihan nasional pada Maret 2023. Dampaknya sangat parah di daerah pedesaan, di mana orang yang tidak memiliki akses ke bank tidak dapat membeli barang-barang kebutuhan pokok. bukan .

Dengan penangguhan Emefiele dan penjabat gubernur ditunjuk sebagai gantinya, ada harapan bahwa bank apex sedang merencanakan arah baru.

“Saya berharap bahwa ke depan dalam pemerintahan baru ini kita akan melihat semuanya kembali normal sedikit,” kata Famoroti. “Saya tidak mengharapkan perubahan haluan penuh, tetapi saya akan terkejut (jika) siapa pun (Emefiele) yang masuk akan memiliki kekuatan dan pengaruh yang sama terhadap ekonomi yang dia miliki selama empat hingga enam tahun terakhir karena itu adalah sebuah penyimpangan.”

togel hkg