Bagaimana jemaah haji tahun ini diseleksi? | Berita Agama

Bagaimana jemaah haji tahun ini diseleksi?  |  Berita Agama

Calon jemaah haji tidak dijamin mendapat tempat untuk haji – tahun ini banyak yang dipilih berdasarkan ‘dasar prioritas’, meninggalkan sistem undian yang banyak dikritik.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah memutuskan untuk meninggalkan sistem undian yang terkenal buruk bagi jemaah haji tahun ini.

Setelah banyak kritik atas sistem undian – yang secara sewenang-wenang memilih pelamar – jamaah dari Eropa, Australia, dan Amerika dipilih “berdasarkan prioritas” untuk musim haji 2023, menurut Nusuk.

Nusuk, platform baru yang diluncurkan kementerian awal tahun ini, berfungsi sebagai toko serba ada dengan “bertujuan untuk memfasilitasi perjalanan haji yang lancar dan nyaman”, bagi pelamar dari 57 negara, kata situs web tersebut.

Bagaimana Nusuk bekerja?

Pelamar diundang untuk melamar melalui platform dan kemudian ditawarkan berbagai paket dan opsi pembayaran. Banyak yang diminta untuk mendaftar segera setelah pendaftaran dibuka dan dipilih berdasarkan siapa cepat dia dapat sampai kuota untuk setiap negara tercapai.

Hanya Muslim di atas usia 12 tahun yang diizinkan untuk melakukan haji tahunan di dalam dan sekitar Mekkah tahun ini, dengan batas usia 65 tahun. Namun, beberapa orang di atas 65 tahun telah diundang untuk bergabung dari dalam kerajaan.

Di antara persyaratannya adalah “imunisasi wajib”, kata situs web tersebut. Ini termasuk suntikan flu serta vaksin COVID-19 yang sudah jadi yang disetujui di Arab Saudi.

Apa yang salah dengan sistem lama?

Banyak yang mengeluh tentang sistem lotere yang diterapkan Arab Saudi selama pandemi, seolah-olah untuk menindak operator tur palsu di negara-negara Barat, katanya. tidak adil.

Pelamar harus melapor ke situs Mowatif yang didukung pemerintah untuk mengikuti undian tempat haji.

Beberapa berencana untuk bepergian dengan orang tua lanjut usia atau dengan pasangan mereka – tetapi sistem lotre tidak memperhitungkan faktor-faktor ini, kata pelamar tahun lalu.

Yang lain telah membayar paket di agen perjalanan sebelum sistem undian diumumkan, hanya dua bulan sebelum haji dimulai, dan berjuang untuk mendapatkan uang mereka kembali.

Proses pemilihan acak juga membebani operasi dan logistik, dengan situs web dilaporkan mogok, kewalahan oleh jumlah aplikasi dan pengunjung.

Pelamar yang dipilih dan berusaha membayar paket melaporkan bahwa pembayaran diblokir atau dibatalkan, meninggalkan mereka dengan status aplikasi yang belum dikonfirmasi.

Efek dari sistem undian juga meluas ke agen perjalanan. Ini telah mengesampingkan agen perjalanan yang telah menyelenggarakan perjalanan haji selama bertahun-tahun, memaksa banyak orang kehilangan pendapatan penting.

Apakah Mowatif hanya berlaku di Barat?

Di negara-negara mayoritas Muslim lainnya, pemerintah Saudi biasanya mengalokasikan kuota.

Di negara-negara non-Barat ini, misi haji yang diawasi pemerintah tersedia bagi umat Islam, serta tur haji pribadi melalui agen perjalanan resmi.

Karena setiap tahunnya, kuota akan dibagikan berdasarkan jumlah umat Islam di masing-masing negara.

Mereka yang tinggal di kerajaan diundang untuk mendaftar langsung ke pemerintah.

Haji adalah salah satu pertemuan Muslim terbesar dan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Semua Muslim yang mampu secara finansial dan fisik harus mencoba menyelesaikan haji setidaknya sekali seumur hidup mereka.

Pilar lainnya termasuk iman kepada Tuhan dan Muhammad sebagai nabi, shalat lima waktu, puasa dan amal.

Berapa jumlah umat Islam yang menunaikan ibadah haji setiap tahun?

Dalam tiga tahun terakhir, jumlah jemaah haji berkurang akibat pandemi virus corona.

HAJI
Peziarah mengelilingi Ka’bah di tengah Masjidil Haram di kota suci Mekkah, bermasker dan mengikuti jalur khusus sebagai tindakan pencegahan COVID, selama haji tahun 2020 (Kementerian Media Saudi / AFP)

Pada tahun 2020, hanya 1.000 jamaah lokal yang diizinkan menunaikan ibadah haji. Pada 2021, jumlahnya naik menjadi 60.000 jemaah dan tahun lalu menjadi satu juta – sangat kontras dengan 2019 ketika 2,5 juta jemaah haji.

Tahun ini, para pejabat mengatakan jumlah jemaah diharapkan mencerminkan angka pra-pandemi.

Ritual haji diharapkan dimulai pada 26 Juni dan berlanjut hingga 30 Juni, menurut kalender Islam berbasis bulan. Namun para pemudik biasanya datang beberapa hari lebih awal dan menginap beberapa hari setelah Idul Adha.

Kunjungan ke situs-situs paling suci Islam di Mekkah dan Madinah untuk haji, dan ziarah Umrah sepanjang tahun, sebelumnya menghasilkan pendapatan Arab Saudi sekitar $12 miliar per tahun, menurut data resmi.

Data SGP