Kapal selam Titanic mengalami ‘ledakan dahsyat’: Yang kami tahu | Berita

Kapal selam Titanic mengalami ‘ledakan dahsyat’: Yang kami tahu |  Berita

Setelah beberapa hari melakukan pencarian di daerah terpencil di Atlantik Utara, Penjaga Pantai AS mengatakan kapal selam yang hilang dalam perjalanan ke bangkai kapal Titanic mengalami “kerugian besar” yang konsisten dengan ledakan kapal tersebut.

Laksamana Muda John Mauger mengatakan kepada wartawan hari Kamis bahwa robot laut dalam tak berawak menemukan puing-puing di dasar laut dekat haluan Titanic.

“Puing-puing itu konsisten dengan ledakan kapal yang dahsyat,” katanya.

Kru bergegas untuk menemukan kapal selam, bernama Titan, setelah kehilangan komunikasi dengan operator tur pada hari Minggu sekitar 700 km (435 mil) selatan St John, Newfoundland, di pantai timur Kanada.

Perusahaan yang menyelenggarakan ekspedisi Titanic, OceanGate, mengatakan yakin kelima awak kapal di kapal itu “hilang dengan sedih”.

Inilah yang kami ketahui:

Robot laut dalam menemukan bidang puing-puing

Pada Kamis pagi, kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) menemukan puing-puing di dekat bangkai kapal Titanic yang menurut Penjaga Pantai AS terhubung ke kapal selam.

Dilengkapi dengan kamera, ROV melakukan perjalanan ke kedalaman yang tidak dimiliki banyak kapal lain dan telah digunakan untuk eksplorasi bawah laut selama beberapa dekade.

Mauger mengatakan Titan ditemukan sekitar 487 meter (1.600 kaki) dari reruntuhan Titanic. Dia mengatakan mengapa dan kapan kapal itu mengalami “ledakan” masih belum jelas dan penyelidikan sedang berlangsung.

“Saya tahu ada banyak pertanyaan tentang bagaimana, mengapa dan kapan itu terjadi. Jadi, ini adalah pertanyaan yang sekarang akan kami kumpulkan sebanyak mungkin informasinya,” kata Mauger.

Siapa yang berada di kapal selam itu?

OceanGate mengatakan warga negara Pakistan dan Inggris Shahzada Dawood dan putranya Suleman; petualang Inggris Hamish Harding; CEO dan pendiri OceanGate, Stockton Rush, seorang penjelajah Amerika dan Prancis Paul-Henri Nargeolet berada di Titan.

“Orang-orang ini adalah penjelajah sejati yang memiliki semangat petualangan yang berbeda, dan hasrat mendalam untuk menjelajahi dan melindungi lautan dunia,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan Kamis.

“Hati kami tertuju pada lima jiwa ini dan setiap anggota keluarga mereka selama masa tragis ini. Kami berduka atas hilangnya nyawa dan kegembiraan yang mereka bawa kepada semua orang yang mengenal mereka.”

Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengatakan pemerintah mendukung keluarga mereka yang hilang di kapal. “Berita tragis bahwa orang-orang di kapal selam Titan, termasuk tiga warga negara Inggris, telah hilang setelah operasi pencarian internasional,” katanya di Twitter.

“Pemerintah Inggris sangat mendukung keluarga yang terkena dampak dan menyampaikan belasungkawa kami yang terdalam.”

Berapa banyak oksigen yang dimiliki Titan?

Kapal Ekspedisi OceanGate sepanjang 6,7 meter (22 kaki) memiliki suplai udara selama 96 jam, menurut spesifikasinya.

Sejak mulai turun pada pukul 08:00 (12:00 GMT) pada hari Minggu, Penjaga Pantai AS memperkirakan bahwa kapal selam akan kehabisan oksigen sekitar pukul 10:00 GMT pada hari Kamis.

Seberapa luas pencariannya?

Pencarian mencakup sekitar 25.900 kilometer persegi (lebih dari 10.000 mil persegi) laut – seukuran negara bagian Massachusetts di AS.

Pada hari Kamis, pengerahan dua kendaraan tak berawak khusus laut dalam memperluas upaya ke kedalaman laut, di mana tekanan luar biasa dan kegelapan pekat berjanji akan mempersulit misi penyelamatan apa pun.

Kapal penelitian Prancis L’Atalante, membawa kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), Victor 6000, adalah salah satu kapal yang dikirim untuk membantu pencarian.

Penjaga Pantai AS memiliki beberapa kapal permukaan yang mencari kapal tersebut, dan penelitian kapal pemecah es Kanada Pangeran Kutub, yang menopang Titan, juga melakukan pencarian permukaan dengan bantuan dari pesawat pengintai Boeing P-8 Poseidon Kanada.

Militer Kanada juga menjatuhkan pelampung surya untuk mendengarkan kemungkinan suara dari Titan.

Dua pesawat Lockheed C-130 Hercules AS melakukan overflight, dan tiga Komando Mobilitas Udara AS C-17 juga digunakan untuk memindahkan kapal selam dan peralatan pendukung perusahaan komersial lain dari Buffalo, New York, ke St John’s untuk digunakan membantu pencarian.

“Kami akan mulai dalam 24 jam ke depan untuk mendemobilisasi personel dan kapal dari tempat kejadian,” kata Mauger dari Penjaga Pantai AS, Kamis sore.

“Tapi kami akan melanjutkan operasi jarak jauh di dasar laut dan saya tidak memiliki batas waktu kapan kami berniat untuk menghentikan operasi jarak jauh di dasar laut saat ini.”

Suara apa yang dilaporkan sebelumnya?

Suara-suara bawah air terdengar pada hari Selasa dan lagi pada hari Rabu, meskipun para ahli tidak dapat menentukan penyebab suara tersebut.

“Tampaknya tidak ada hubungan antara suara dan lokasi puing-puing di dasar laut,” kata Mauger, Kamis.

INTERAKTIF Seberapa dalam letak Titanic-1687430801

link alternatif sbobet