Kebakaran hutan Kanada: Apa yang harus dilakukan jika kualitas udara di luar buruk | berita lingkungan

Kebakaran hutan Kanada: Apa yang harus dilakukan jika kualitas udara di luar buruk |  berita lingkungan

Kabut dari kebakaran telah menyelimuti sebagian besar Amerika Utara, masalah yang diperkirakan akan berlanjut hingga bulan-bulan terpanas.

Kabut berasap dari musim kebakaran hutan terburuk di Kanada diperkirakan akan sering terjadi di beberapa wilayah Amerika Utara saat bulan-bulan terpanas dalam setahun mendekat.

Sekitar setengah dari populasi AS berada di bawah peringatan kualitas udara pada hari Jumat – baik karena kebakaran utara atau karena gelombang panas tanpa henti di selatan.

Di seberang Midwest dan Timur Amerika, sekitar 100 juta orang Amerika menghadapi hari lain dengan langit berasap.

Kualitas udara yang dianggap “tidak sehat” membentang dari provinsi Quebec Kanada ke negara bagian Michigan AS di barat, Connecticut di timur, dan Virginia di selatan, menurut peta waktu nyata yang dikelola oleh Badan Perlindungan Lingkungan AS.

Sementara kondisinya sedikit membaik, aliran udara buruk terbaru diperkirakan akan berlanjut hingga minggu depan, ketika AS merayakan Hari Kemerdekaannya.

Berikut tips agar tetap aman saat kualitas udara di luar buruk:

Tetap terinformasi tentang kualitas udara setempat

Mengetahui kondisi di daerah Anda adalah langkah pertama.

Di AS, EPA mempertahankan indeks kualitas udara waktu nyata, dan aplikasi pelacakan kualitas udara juga tersedia.

Indeks EPA menggabungkan pengukuran ozon permukaan tanah dan polusi partikel halus.

Badan tersebut mendefinisikan ozon di permukaan tanah sebagai kabut asap yang disebabkan oleh reaksi sinar matahari dan “polutan yang dipancarkan oleh mobil, pembangkit listrik, boiler industri, kilang, pabrik kimia” dan sumber lainnya.

(Al Jazeera)

Yang lebih relevan dengan kebakaran Kanada adalah polusi partikel halus, yaitu partikel kecil yang dapat masuk jauh ke dalam paru-paru. Kualitas udara “baik” hingga “sedang” cenderung memiliki rata-rata 24 jam kurang dari 35 mikrogram per meter kubik udara polusi partikel halus.

Menggabungkan polusi ozon dan partikel halus, indeks EPA berjalan dari 0 hingga 500. Lebih dari 150 dianggap tidak sehat bagi masyarakat umum. Lebih dari 300 dianggap “Berbahaya”.

Apa yang dapat dilakukan kualitas udara yang buruk terhadap tubuh manusia?

Partikel dalam asap api dapat mengiritasi mata dan sistem pernapasan Anda, menyebabkan berbagai masalah termasuk sensasi terbakar, pilek, dan bronkitis – infeksi paru-paru.

Yang paling berisiko adalah orang dengan penyakit kronis, termasuk “gagal jantung kongestif, angina, penyakit paru obstruktif kronik, emfisema atau asma,” menurut EPA.

Sebuah studi tahun 2020 oleh University of British Columbia juga menunjukkan bahwa penderita diabetes memiliki kemungkinan komplikasi yang lebih tinggi hanya dalam waktu 48 jam setelah terpapar kebakaran hutan.

Anak-anak, yang sistem pernapasannya masih berkembang dan menghirup lebih banyak udara per pon daripada orang dewasa, memiliki risiko yang lebih besar, begitu pula orang dewasa yang lebih tua.

Cara terbaik melindungi diri sendiri

Kualitas udara yang buruk adalah masalah yang meluas, tetapi para ahli telah merekomendasikan beberapa cara untuk mengurangi dampak kesehatan yang merugikan.

Secara umum, badan kesehatan merekomendasikan untuk sebisa mungkin tetap berada di dalam ruangan dan menutup jendela. Disarankan juga untuk menggunakan AC yang mengalirkan udara.

Para ahli juga merekomendasikan untuk memprioritaskan pembelian pembersih udara dengan filter berkualitas tinggi sebelum kondisinya memburuk.

INTERAKTIF- gejala polusi udara
(Al Jazeera)

Saat pergi keluar, para ahli umumnya menyarankan untuk menghindari aktivitas berat dan memakai masker. Masker atau respirator N95 direkomendasikan untuk mencegah terhirupnya partikel kecil.

Orang-orang dalam kelompok sensitif juga didorong untuk memperhatikan dengan seksama gejala, termasuk batuk, sesak napas, nyeri atau kelemahan dada, dan untuk tetap berhubungan dengan dokter mereka.

situs judi bola online