Ketakutan akan bencana lingkungan meningkat setelah bendungan menjebol Ukraina | Berita perang Rusia-Ukraina

Ketakutan akan bencana lingkungan meningkat setelah bendungan menjebol Ukraina |  Berita perang Rusia-Ukraina

Kyiv, Ukraina – Di antara komunitas pengungsi di sepanjang tepian Sungai Dnipro Ukraina, air kemasan telah menjadi komoditas yang paling dicari.

Penghancuran bendungan Nova Kakhovka pada 6 Juni di wilayah selatan Kherson melepaskan 18 kilometer kubik (4,3 mil kubik) air, membanjiri kota-kota dan lahan pertanian.

Sementara air ada di mana-mana, tidak ada yang bisa diminum.

“Semuanya beracun,” kata Pavlo Khrapun, seorang pekerja kemanusiaan dari NGO Project Hope, kepada Al Jazeera.

Air minum dikirim ke suara keran yang hampir konstan (Pavlo Khrapun/Project Hope)

Banjir buatan manusia menghanyutkan pupuk kimia dari ladang yang ditanami, mencuci polutan dari dasar sungai, membanjiri kuburan dan melepaskan setidaknya 150 ton oli mesin dari bendungan yang jebol dengan tambahan bahan bakar dan limbah industri yang kemungkinan besar dibuang dari tanaman di sekitarnya. .

Khrapun, seorang ahli WASH – air, sanitasi dan kebersihan – mengatakan timnya bekerja tanpa henti untuk mengirimkan air minum di tengah suara tembakan yang hampir konstan dan ancaman yang ditimbulkan oleh ranjau anti-tank dan amfibi yang hanyut oleh banjir.

“Orang-orang sangat lelah, sangat stres, tetapi saling membantu memotivasi mereka,” kata Khrapun. “Mereka fokus untuk saling membantu.”

Air banjir yang terkontaminasi bahan kimia dan oleh tubuh manusia dan hewan tidak hanya tidak dapat diminum. Mereka juga meningkatkan risiko penyakit yang ditularkan melalui air, termasuk diare dan kolera.

‘Bencana mutlak’

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan bahwa 700.000 orang yang “luar biasa” membutuhkan air minum bersih.

Martin Griffiths, Sekretaris Jenderal PBB, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa jebolnya bendungan tentu akan menimbulkan konsekuensi yang akan dirasakan hingga bertahun-tahun mendatang.

“Ini benar-benar bencana,” kata Griffiths.

Beberapa hari setelah ledakan yang menyebabkan bendungan runtuh, Ukraina masih berusaha menemukan kata-kata yang dianggapnya sebagai kejahatan.

Presiden Volodymyr Zelenskyy menuduh Rusia sengaja meledakkan bendungan itu, dengan mengatakan sabotase tersebut merupakan “kejahatan perang”, “tindakan terorisme”, dan “ekosida brutal”.

Kata portmanteau, yang menggabungkan “ekologi” dan “genosida”, menggambarkan penghancuran lingkungan yang disengaja sebagai senjata perang dan dikodifikasikan di tingkat nasional oleh beberapa negara.

Para pendukungnya belum memastikan pengadopsiannya di bawah hukum internasional, tetapi para aktivis Ukraina berharap keadaan perang Rusia melawan Ukraina dapat menciptakan momentum untuk melakukannya.

Rusia membantah menyebabkan ledakan di bendungan saat Ukraina bersiap untuk melancarkan serangan balasan, dengan mengatakan bahwa Kiev bertanggung jawab.

Yevheniia Zasiadko, kepala Departemen Iklim di Ecoaction – Pusat Inisiatif Lingkungan di Kyiv, mengatakan jebolnya bendungan itu memusnahkan spesies tanaman dan hewan yang terancam punah, termasuk bangau squacco dan bangau kecil, serta menyebabkan kerusakan yang meluas dan bertahan lama. .

“Tidak diragukan lagi ini adalah kejahatan ekosida,” kata Zasiadko kepada Al Jazeera.

Jalanan tergenang air di Kherson, Ukraina, Rabu, 7 Juni 2023, setelah tembok bendungan Kakhovka runtuh.  Warga Ukraina selatan, beberapa menghabiskan malam di atas atap, bersiap untuk hari kedua banjir yang melonjak pada hari Rabu karena pihak berwenang memperingatkan bahwa jebolnya bendungan Sungai Dnieper akan terus melepaskan air yang terpendam dari waduk raksasa untuk dilepaskan.  (Foto AP/Libko)
Zelenskyy mengatakan jebolnya bendungan tersebut merupakan ‘ekosida brutal’ (Libkos/AP)

Ecoaction mengatakan sejumlah habitat yang dilindungi di bawah Konvensi Lahan Basah Kepentingan Internasional kemungkinan akan hancur atau tercemar parah, termasuk Cagar Biosfer Laut Hitam, cagar biosfer UNESCO; Taman Lanskap Regional Kinburn Spit; dan banyak situs yang lebih kecil.

“Konsekuensinya tidak hanya dirasakan oleh waduk alami di hilir, tapi juga di hulu,” kata Zasiadko seraya menambahkan bahwa daerah yang terhindar dari banjir tetap bergantung pada air Waduk Kakhovka.

Kelompok Konservasi dan Alam Ukraina mengatakan dalam sebuah laporan bahwa sumber daya hutan juga bisa menderita.

Puing-puing dari infrastruktur yang hancur dan berbagai bentuk limbah alam dan buatan manusia
Puing-puing dibersihkan setelah banjir (Pavlo Khrapun/Project Hope)

Area yang luas di sepanjang tepi selatan Sungai Dnipro adalah rumah bagi pinus Krimea, pinus biasa, dan akasia putih, tidak ada yang cocok untuk paparan kelembapan dalam waktu lama.

“Akibatnya, spesies pohon ini bisa musnah karena periode banjir yang lama,” kata kelompok itu.

Puing-puing dari infrastruktur yang hancur serta limbah alam dan buatan manusia terlihat tergeletak di pantai Odesa, menimbulkan kekhawatiran tentang ekosistem laut Laut Hitam.

“Skala kehancuran satwa liar, ekosistem alami, dan seluruh taman nasional jauh lebih besar daripada konsekuensi semua operasi militer di hutan belantara sejak dimulainya invasi skala penuh pada Februari 2022,” laporan itu menyimpulkan.

Keranjang roti dunia tercemar

Griffiths, yang juga menjabat sebagai koordinator bantuan PBB, mengatakan penghancuran “salah satu lumbung roti paling penting di dunia” hampir pasti akan menyebabkan penurunan ekspor biji-bijian yang berdampak pada persediaan makanan global.

Kementerian Kebijakan Pertanian dan Pangan Ukraina memperkirakan bahwa banjir mempengaruhi 100 kilometer persegi (40 mil persegi) lahan pertanian di tepi kanan Sungai Dnipro, yang berada di bawah kendali Ukraina.

Monika Tothova, ekonom di Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa tidak ada informasi spesifik yang tersedia mengenai kerusakan lahan pertanian di bawah kendali Rusia.

“Berdasarkan citra satelit dan pemodelan banjir, sangat mungkin panen tahun ini akan benar-benar hilang, tergantung berapa lama air tersisa,” kata Tothova.

INTERAKTIF-NOVA KAKHOVKA-DAM-JUNI-2023-a-1686130471
(Al Jazeera)

Tingkat kerusakan akan tergantung pada tingkat banjir dan seberapa cepat air surut, tambah ekonom tersebut.

Di luar provinsi Kherson, bendungan itu juga menyediakan sumber irigasi yang penting bagi wilayah Mykolaiv, Zaporizhia, dan Dnipropetrovsk serta tanaman gandum, barley, millet, rapeseed, dan bunga matahari mereka.

Perang Rusia di Ukraina dan penurunan tajam dalam ekspor pertanian menyebabkan krisis pangan global tahun lalu, yang mana PBB bekerja untuk menguranginya dengan merundingkan kesepakatan ekspor biji-bijian antara Kiev dan Moskow dengan bantuan Turki.

Dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, Griffiths mengatakan kepada The Associated Press bahwa sementara dia bekerja dengan kepala perdagangan PBB Rebeca Grynspan untuk mengamankan perluasan Inisiatif Butir Laut Hitam, dampak dari pelanggaran bendungan menciptakan serangkaian masalah “yang sama sekali baru”. urutan besarnya’. .

Ini adalah “masalah virus”, katanya. “Yang benar adalah bahwa ini hanyalah awal dari melihat konsekuensi dari tindakan ini.”

Pelaporan oleh Mansur Mirovalev di Kiev dan Federica Marsi di Milan.

Togel Singapore Hari Ini