Mesir, India memperkuat hubungan saat Modi melakukan perjalanan pertama ke Kairo | Berita Narendra Modi

Mesir, India memperkuat hubungan saat Modi melakukan perjalanan pertama ke Kairo |  Berita Narendra Modi

Presiden Mesir dan perdana menteri India membahas penguatan hubungan di berbagai bidang seperti perdagangan, ketahanan pangan, dan pertahanan.

Perdana Menteri India Narendra Modi bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi di Kairo dalam kunjungan langka di mana kedua belah pihak berjanji untuk memperdalam kemitraan strategis mereka.

Modi dan el-Sisi “menandatangani pernyataan bersama untuk meningkatkan hubungan menjadi kemitraan strategis”, yang pertama kali mereka umumkan pada Januari ketika el-Sisi mengunjungi New Delhi, kata juru bicara presiden Mesir pada Minggu.

Kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan investasi oleh India – negara terpadat di dunia – di Mesir, yang memiliki populasi terbesar di dunia Arab dan sekarang berada dalam cengkeraman penurunan ekonomi.

Kedua belah pihak mengatakan pembicaraan bilateral mencakup berbagai bidang termasuk perdagangan dan investasi, energi terbarukan, teknologi informasi dan obat-obatan.

Keduanya juga “membahas kerja sama lebih lanjut dalam G-20, dengan fokus pada masalah kerawanan pangan dan energi, perubahan iklim, dan perlunya Global South untuk memiliki suara kolektif”, sebuah pernyataan dari kantor Modi mengatakan, menambahkan bahwa pembicaraan juga membahas pertahanan. dan sabuk pengaman.

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi (kanan) menyerahkan Order of the Nile Medal kepada Perdana Menteri India Narendra Modi di Kairo, 25 Juni 2023 (Selebaran Kepresidenan Mesir/AFP)

El-Sisi menyambut Modi di istana kepresidenan di Kairo dan memberinya penghargaan tertinggi negara itu, Order of the Nile, saat kedua pemimpin menegaskan kembali “komitmen bersama” mereka untuk memperkuat hubungan.

Ini akan mencakup “meningkatkan kunjungan tingkat tinggi”, memfasilitasi penerbangan langsung antara ibu kota, dan “mengembangkan investasi India di Mesir”, menurut kepresidenan di Kairo.

Januari lalu, kedua pemimpin sepakat untuk meningkatkan investasi India di Mesir, yang saat ini mencapai lebih dari $3,15 miliar, termasuk melalui potensi “wilayah khusus untuk industri India di Zona Ekonomi Terusan Suez”.

Proyek tersebut termasuk pabrik hidrogen hijau senilai $12 miliar yang akan dibangun oleh perusahaan India ACME.

India sudah menjadi mitra dagang terbesar ketujuh Mesir, menurut data dari bank sentral Kairo, dengan perdagangan mencapai $7 miliar tahun lalu.

‘Kunjungan Sejarah’

Modi, yang tiba di Kairo pada Sabtu, adalah perdana menteri India pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Mesir dalam lebih dari dua dekade. Perhentian dua harinya terjadi enam bulan setelah el-Sisi berada di New Delhi sebagai tamu resmi selama Hari Kemerdekaan India.

Modi juga mengundang pemimpin Mesir itu untuk menghadiri pertemuan puncak Kelompok 20 negara kaya dan berkembang terkemuka, yang akan diselenggarakan India pada bulan September.

Kedua negara sepakat awal tahun ini untuk mempromosikan kerja sama perdagangan. India adalah salah satu dari lima importir produk Mesir teratas, termasuk minyak mentah dan gas alam cair, garam, kapas, bahan kimia anorganik, dan biji minyak. Ekspor India yang terkenal ke Mesir termasuk benang kapas, kopi, jamu, tembakau, lentil, suku cadang kendaraan, kapal, perahu, dan mesin listrik.

Setelah pembicaraannya dengan el-Sisi, Modi mengunjungi masjid bersejarah, Al-Hakim Kairo, yang baru saja direnovasi dengan bantuan komunitas Dawoodi Bohra yang berbasis di India. Dia juga memberikan penghormatan kepada tentara India yang tewas dalam Perang Dunia Pertama dan dimakamkan di Pemakaman Perang Heliopolis di Kairo.

Kedua pemerintah telah menandatangani perjanjian di bidang pertanian, arkeologi, barang antik dan undang-undang persaingan, kata Arindam Bagchi, juru bicara kementerian luar negeri India.

“Kunjungan saya ke Mesir adalah kunjungan bersejarah. Ini akan menambah kekuatan baru pada hubungan India-Mesir dan akan bermanfaat bagi rakyat negara kita,” tulis Modi di Twitter sebelum berangkat ke New Delhi.

sbobet wap