Serangan Israel atas Jenin ‘kejahatan perang baru’, kata warga Palestina | Berita konflik Israel-Palestina

Serangan Israel atas Jenin ‘kejahatan perang baru’, kata warga Palestina |  Berita konflik Israel-Palestina

Para pemimpin Palestina menyebut operasi militer terbesar Israel di Jenin dalam 20 tahun sebagai “kejahatan perang baru” setelah setidaknya delapan warga Palestina tewas dan puluhan lainnya terluka.

Seorang juru bicara Otoritas Palestina (PA) Presiden Mahmoud Abbas meminta masyarakat internasional pada hari Senin untuk “memecah keheningan yang memalukan dan mengambil tindakan serius”.

“Apa yang dilakukan pemerintah pendudukan Israel di kota Jenin dan kampnya adalah kejahatan perang baru terhadap rakyat kami yang tak berdaya,” kata Nabil Abu Rudeineh dalam sebuah pernyataan.

“Rakyat Palestina tidak akan menyerah atau mengibarkan bendera putih, tetapi akan berdiri teguh di tanah mereka menghadapi agresi brutal ini sampai pendudukan dikalahkan dan kebebasan tercapai,” tambahnya.

Operasi Israel, yang berlanjut lebih dari 18 jam setelah diluncurkan, menghantam kota di Tepi Barat yang diduduki dengan serangan udara serta serangan darat. Laporan media mengatakan lebih dari 1.000 tentara terlibat dalam operasi tersebut, yang menurut Israel ditujukan untuk “infrastruktur teroris”.

Otoritas kesehatan Palestina mengatakan salah satu korban tewas berusia 16 tahun sementara 50 lainnya luka-luka dan 10 dalam kondisi kritis.

Orang Palestina kesembilan ditembak mati oleh tentara Israel di dekat Ramallah, juga di Tepi Barat yang diduduki.

Kementerian Luar Negeri Palestina menggambarkan operasi Jenin sebagai “agresi biadab” dan mengatakan itu adalah bagian dari kebijakan resmi Israel “untuk menggunakan kekuatan militer dalam menangani rakyat Palestina yang tak berdaya sebagai alternatif solusi politik untuk konflik”.

Ini menyerukan tindakan internasional yang mendesak untuk “segera menghentikan agresi” dan mendesak Pengadilan Kriminal Internasional untuk “mulai meminta pertanggungjawaban penjahat perang Israel”.

Duta Besar Palestina untuk Liga Arab menyerukan pertemuan mendesak pada hari Selasa, lapor kantor berita Palestina Wafa.

Pertemuan tersebut akan “membahas cara-cara tindakan efektif di tingkat Arab dan internasional untuk menghentikan agresi Israel ini, meminta pertanggungjawaban pelakunya dan meminta perlindungan,” katanya.

Sementara itu, faksi-faksi Palestina mengorganisir unjuk rasa di pusat Kota Gaza untuk mengungkapkan solidaritas dengan masyarakat Jenin.

Puluhan peserta meneriakkan slogan dan membentangkan spanduk bertuliskan: “Kami semua Jenin” dan “Kami bersama perlawanan”.

Ruang Operasi Gabungan Faksi Perlawanan Palestina, sebuah kelompok payung yang terdiri dari partai-partai politik di Jalur Gaza yang terkepung, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami menyerukan kepada semua orang kami di kota-kota, kota-kota dan kamp-kamp, ​​terutama di sekitar Jenin, untuk menghadapi pendudukan Israel dan mendukung Jenin.

“Kami menyerukan para pejuang perlawanan di semua arena untuk menanggapi setiap agresi jika pendudukan Israel melanjutkan kejahatannya terhadap rakyat kami.”

Khaled al-Batsh, seorang pemimpin senior Jihad Islam, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa rakyat Gaza “tidak akan meninggalkan Jenin”.

“Upaya pendudukan Israel untuk melakukan perlawanan ke jalan-jalan Jenin dan Tepi Barat akan sia-sia.” dia berkata.

Kamp pengungsi Jenin telah menjadi sasaran serangan intensif dan berulang kali oleh pasukan Israel selama dua tahun terakhir.

Bersama dengan Nablus, juga di Tepi Barat yang diduduki utara, telah menyaksikan kebangkitan generasi baru pejuang Palestina yang menentang pendudukan militer Israel selama puluhan tahun.

Serangan Israel terhadap Jenin adalah bagian dari upaya untuk memadamkan perlawanan di sana, dengan pemuda Palestina semakin mengangkat senjata dan berpendapat bahwa mereka tidak melihat cara lain untuk melawan pendudukan karena mereka semakin kecewa dengan apa yang mereka lihat sebagai berkurangnya efektivitas PA. yang sebagian besar mempertahankan kendali administratif atas sekitar 18 persen Tepi Barat yang diduduki.

rtp slot