Angkatan Laut AS mengatakan pihaknya menolak upaya Iran untuk merebut kapal tanker minyak Berita Konflik

Angkatan Laut AS mengatakan pihaknya menolak upaya Iran untuk merebut kapal tanker minyak Berita Konflik

AS mengatakan Iran menembaki satu kapal, tetapi tidak ada korban jiwa, dan keduanya melarikan diri ketika sebuah kapal AS tiba di lokasi di Teluk Oman.

Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan pihaknya mencegah pasukan Iran merebut dua kapal tanker minyak di dekat Selat Hormuz, yang terbaru dari serangkaian insiden semacam itu di salah satu koridor energi paling penting di dunia.

Komando Pusat Angkatan Laut AS mengatakan pada hari Rabu bahwa kapal perusak berpeluru kendali, USS McFaul, mengejar kapal Iran yang mencoba mencegat dua kapal tanker minyak di lepas pantai Oman, termasuk satu insiden di mana pasukan Iran dilaporkan menembaki salah satu kapal tanker. .

“Pada 5 Juli, pasukan AS melakukan dua upaya untuk mencegah penyitaan kapal tanker komersial oleh Angkatan Laut Iran setelah Iran melepaskan tembakan di salah satu insiden di dekat pantai Oman,” sebuah rilis berita Angkatan Laut AS membaca. “Kedua insiden ini terjadi di perairan internasional.”

Pertemuan itu terjadi pada saat ketegangan tinggi antara AS dan Iran, yang telah berjuang untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir yang dibatalkan secara sepihak oleh pemerintahan Trump pada tahun 2015. AS telah lama menuduh Iran melecehkan dan menyita kapal komersial di Selat Hormuz.

Iran telah meningkatkan aktivitas ini dalam beberapa bulan terakhir, menyita dua kapal tanker minyak dalam satu minggu selama bulan April dan Mei.

Dalam upaya terbaru ini, insiden pertama terjadi sekitar pukul 01:00 waktu setempat pada hari Rabu (21:00 GMT pada hari Selasa) ketika pasukan Iran mendekati kapal tanker minyak berbendera Kepulauan Marshall TRF Moss. Kapal Iran berangkat saat USS McFaul tiba di lokasi.

Sekitar tiga jam kemudian, Angkatan Laut AS mengatakan telah menerima panggilan darurat dari kapal tanker minyak berbendera Bahama, Richmond Voyager, yang diperintahkan untuk berhenti oleh kapal angkatan laut Iran.

Ketika kapal AS menuju ke tempat kejadian, pasukan Iran menembaki Voyager dengan “tembakan panjang dari senjata kecil dan senjata yang digunakan awak”, tetapi tidak ada kerusakan serius atau korban jiwa yang terjadi, kata pernyataan dari Angkatan Laut AS. . Pasukan Iran pergi ketika USS McFaul tiba.

INTERAKTIF_IRAN_ Selat Hormuz_JUNE4_2023-1685955591
AS telah lama menuduh Iran melecehkan dan menyita kapal komersial di Selat Hormuz, pusat transportasi utama di pasar energi global (Al Jazeera) (Al Jazeera).

Angkatan Laut AS mengatakan telah meningkatkan kehadirannya di Selat Hormuz sejak Mei, mengutip peningkatan upaya Iran untuk merebut kapal komersial. AS mengatakan bahwa Iran telah “menyerang atau menyita” hampir 20 kapal semacam itu sejak 2021.

“Kami tetap waspada dan siap untuk melindungi hak navigasi di perairan kritis ini,” kata Wakil Laksamana AS Brad Cooper dalam rilis tersebut.

Iran, yang dikenakan sanksi berat oleh AS setelah pemerintahan Trump secara sepihak meninggalkan kesepakatan nuklir, belum mengomentari insiden tersebut.

HK prize