Korea Utara menembakkan dua rudal setelah latihan Korea Selatan-AS | Berita Senjata

Korea Utara menembakkan dua rudal setelah latihan Korea Selatan-AS |  Berita Senjata

Peluncuran dilakukan setelah Pyongyang memperingatkan tanggapan ‘tak terelakkan’ terhadap latihan militer saingannya.

Korea Utara telah menembakkan dua rudal jarak pendek di lepas pantai timurnya, kata militer Korea Selatan. Peluncuran dilakukan kurang dari satu jam setelah Pyongyang memperingatkan tanggapan yang “tak terelakkan” terhadap latihan militer yang dilakukan oleh pasukan Korea Selatan dan AS.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan mereka mendeteksi peluncuran dari ibukota Korea Utara pada hari Kamis.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan dua rudal balistik mendarat di dalam zona ekonomi eksklusif negara itu, kemungkinan terbang dalam lintasan yang tidak teratur. Satu mendarat di Laut Jepang, juga dikenal sebagai Laut Baltik, sekitar 110 km (70 mil) barat laut Pulau Hegura, bagian dari Prefektur Ishikawa, dan yang lainnya berjarak sekitar 250 km (155 mil), kata pihak berwenang Jepang. .

Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan mengecam tindakan Korea Utara yang secara resmi disebut Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK).

“Peluncuran ini jelas merupakan pelanggaran terhadap berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB, dan menunjukkan ancaman senjata pemusnah massal ilegal dan program rudal balistik DPRK terhadap kawasan, perdamaian dan keamanan internasional, dan rezim non-proliferasi global,” kata negara-negara tersebut. dikatakan. kata dalam pernyataan bersama.

Penasihat keamanan nasional Presiden AS Joe Biden, Jake Sullivan, berada di Tokyo untuk bertemu dengan mitranya dari Jepang dan Korea Selatan, Cho Tae-yong dan Takeo Akiba, saat peluncuran berlangsung.

Ketiganya membahas program rudal Korea Utara dan menegaskan mereka akan bekerja sama secara erat untuk membuat Pyongyang meninggalkan senjata nuklirnya, menurut pembacaan pertemuan yang dirilis oleh Jepang.

Latihan militer gabungan AS-Korea Selatan

Kamis pagi, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol menyaksikan beberapa ribu tentara Korea Selatan dan AS mengambil bagian dalam latihan tembak-menembak dalam unjuk kekuatan terbaru yang menurut sekutu diperlukan untuk menghalangi Korea Utara.

Korea Utara
Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, tengah, mengunjungi Lapangan Pelatihan Kebakaran Seungjin di Pocheon, Korea Selatan, selama latihan militer gabungan Korea Selatan-AS pada 15 Juni 2023 (Jung Yeon-je/Reuters)

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Korea Utara mengatakan latihan tersebut meningkatkan ketegangan militer di wilayah tersebut dan pasukannya akan menanggapi secara ketat “segala jenis demonstrasi atau provokasi oleh musuh”.

Pyongyang gagal meluncurkan satelit mata-mata akhir bulan lalu dalam upaya peluncuran satelit pertamanya sejak 2016. Penguat roket dan muatannya jatuh ke laut.

Program rudal balistik dan senjata nuklir Korea Utara dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan PBB yang telah disetujui negara tersebut.

Upaya diplomatik untuk mengurangi ketegangan atau membujuk Pyongyang untuk meninggalkan persenjataan nuklirnya terhenti.

Korea Utara
Sebuah ledakan menghancurkan kantor penghubung yang dibangun Korea Selatan di kota perbatasan Kaesong, Korea Utara pada 16 Juni 2020 (Kantor Berita Pusat Korea Utara via Reuters)

Korea Selatan menggugat Korea Utara pada hari Rabu sebesar $35 juta sebagai kompensasi atas kantor penghubung yang diledakkan Korea Utara pada tahun 2020, dalam kasus yang menyoroti keretakan hubungan antara kedua negara bertetangga tersebut.

Sanksi AS terhadap duo Korea Utara atas rudal

AS juga memberlakukan sanksi terhadap seorang pria dan wanita Korea Utara yang tinggal di Beijing pada hari Kamis yang dituduh membantu pengadaan peralatan rudal balistik yang berakhir di tangan klien Korea Utara dan Iran.

Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS mengatakan Choe Chol Min dan istrinya Choe Un Jong bekerja melalui Akademi Ilmu Pengetahuan Alam Kedua Korea Utara, sebuah organisasi negara yang melakukan penelitian untuk program rudal balistik negara itu, untuk membantu memperoleh peralatan bagi pembeli .

Departemen Keuangan mengatakan Choe Chol Min bekerja dengan pejabat perdagangan senjata Korea Utara untuk membeli peralatan untuk klien Iran. Istrinya dituduh mengoordinasikan setidaknya satu pesanan bantalan ganda yang digunakan dalam produksi rudal balistik Korea Utara.

Pejabat keuangan Brian E Nelson mengatakan pengembangan program peluru kendali Korea Utara – “bahkan peluncuran satelit militer Pyongyang yang gagal baru-baru ini – terus mengancam keamanan regional dan internasional”.

“Amerika Serikat berkomitmen untuk menargetkan jaringan pengadaan ilegal rezim yang memberi makan program senjatanya,” kata Nelson.


Pengeluaran SGP