Kejatuhan Moskow dengan Wagner: Panduan Anda untuk Pemberontakan Rusia | Berita perang Rusia-Ukraina

Kejatuhan Moskow dengan Wagner: Panduan Anda untuk Pemberontakan Rusia |  Berita perang Rusia-Ukraina

Upaya pemberontakan di Rusia di tengah perang di Ukraina telah mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh dunia, mengungkap pertikaian dan mengekspos kerentanan struktur pertahanan dan keamanan Moskow.

Pada hari Sabtu, pejuang bayaran yang dipimpin oleh bos Grup Wagner Yevgeny Prigozhin merebut kota Rostov-on-Don dan berbaris, tampaknya tanpa lawan, di Moskow, menuntut pemecatan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu.

Pemberontakan Prigozhin tiba-tiba berakhir beberapa jam setelah dimulai dalam jarak 200 km (124 mil) dari Moskow. Dia membuat kesepakatan dengan Kremlin untuk mengakhiri operasi, dengan kesepakatan yang ditengahi oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Sejak itu, Prigozhin merilis pernyataan audio yang mengatakan pawai ke ibu kota Rusia tidak dimaksudkan untuk menggulingkan pemerintah.

Sementara keberadaannya dan nasib pasukannya masih belum jelas, satu hal yang pasti: Pemberontakan Wagner adalah ancaman terbesar yang dihadapi Presiden Rusia Vladimir Putin dalam 22 tahun pemerintahannya.

Ini panduan sederhana Anda:

Siapa Prighozin dan apa yang dilakukan para pejuang Wagner-nya?

Prigozhin dibesarkan di St Petersburg, kampung halaman Putin.

Dia menjadi terkenal sebagai pengusaha katering di Kremlin, memberinya julukan “koki Putin”.

Sejak saat itu, bisnisnya berkembang pesat. Pada tahun 2014, Prigozhin melakukan diversifikasi ke sektor militer, menjadi kepala Grup Wagner, pasukan tentara bayaran swasta yang diduga didirikan oleh perwira militer Rusia kelahiran Ukraina Dmitri Utkin pada tahun 2013.

(Al Jazeera)

Pasukan Wagner bertempur atas nama Rusia. Mereka memimpin kampanye Moskow di Ukraina dan berpartisipasi dalam konflik di Suriah, Republik Afrika Tengah, Libya, Sudan, dan Mozambik.

Sampai saat ini, Wagner adalah kelompok bayangan yang diselimuti kerahasiaan. Itu semua berubah ketika perang Ukraina berlangsung, dan Prigozhin sekarang lebih dikenal di Rusia daripada sebelumnya.

Apa masalah Prigozhin dengan para pemimpin militer Rusia?

Sejak Rusia menginvasi Ukraina Februari lalu, Prigozhin telah memimpin operasi militer Kremlin, khususnya di Ukraina timur.

Pada bulan April, dia mengumumkan penangkapan Bakhmut, setelah pertempuran sengit selama berbulan-bulan.

Putin memberi selamat kepada kepala Wagner dan pasukannya, tetapi tidak mengakui daging sapi Prigozhin yang sedang berlangsung dengan Kementerian Pertahanan Rusia.

Selama berbulan-bulan, wajah Prigozhin yang penuh bekas luka, kepala yang dicukur pendek, dan gigi bernoda tembakau yang tidak rata diakui secara luas, dengan kepala suku Wagner merilis video di Telegram yang mengkritik Shoigu.

Dalam videonya yang hampir setiap hari, Prigozhin yang bermulut kotor berpendapat bahwa para pemimpin militer Rusia tidak kompeten dan mereka tidak menyediakan cukup amunisi untuk para pejuangnya. Dia juga menuduh mereka menyerang pasukannya di Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia membantah klaim ini sebagai “provokasi informasional”.

Wartawan yang berbasis di Moskow Yulia Shapovalova mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kasus kriminal “pemberontakan bersenjata” dibuka terhadap Prigozhin pada 23 Juni, setelah dia menuduh tentara Rusia menembaki posisi Wagner.

Apa yang terjadi dalam pemberontakan?

Prigozhin mengatakan pada hari Sabtu bahwa orang-orangnya telah melintasi perbatasan dari Ukraina ke Rusia dan siap untuk “sepanjang jalan” melawan tentara Rusia.

Setelah pasukan Wagner merebut kota Rusia Rostov-on-Don, mereka berbaris ke Moskow.

Putin menuduh Prigozhin melakukan “pengkhianatan” dan “tikaman dari belakang”.

Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov, sekutu Putin, mengatakan pasukannya akan membantu pasukan Rusia melawan pemberontakan Prigozhin.

INTERAKTIF - Kelompok Wagner memberontak melawan Rusia Progozhin

Prigozhin tampaknya bertekad untuk mencapai tujuannya dan menurut beberapa pengamat Rusia, terpana oleh tontonan itu, mereka “menjadi nakal”.

Akhirnya, bagaimanapun, dia tiba-tiba menghentikan misinya. Lukashenko dari Belarusia, sekutu internasional terdekat Putin, mengatakan dia menjadi perantara kesepakatan dengan kepala Wagner untuk meredakan situasi yang membuat para pejuang Wagner meninggalkan pawai mereka di Moskow.

Di mana Prigozhin sekarang?

Kantor Lukashenko mengatakan penyelesaian itu termasuk jaminan keamanan untuk pasukan Wagner, tetapi rinciannya masih belum jelas.

Kepala suku Wagner diperkirakan akan tinggal di pengasingan di Belarusia.

Pejuang Wagner yang tidak ambil bagian dalam pawai ke Moskow juga akan ditawari kontrak militer, menurut Kremlin.

“Juru bicara Kremlin Dmitri Peskov mengatakan kepada wartawan bahwa kasus pidana terhadap Prigozhin akan dibatalkan dan Prigozhin akan pergi ke Belarus – dan tentara bayaran Wagner yang ikut serta dalam pemberontakan tidak akan diadili, ” kata jurnalis Shapovalova.

Namun pada hari Senin, berbagai media Rusia melaporkan bahwa Prigozhin masih diselidiki oleh Dinas Keamanan Federal (FSB), meskipun keberadaannya masih belum jelas.

Apa yang dikatakan Prigozhin?

Pada hari Senin, Prigozhin merilis pernyataan audio pertamanya sejak pemberontakan, membela tindakan tersebut sebagai tanggapan atas serangan terhadap pasukannya yang menewaskan sekitar 30 pejuangnya.

“Kami memulai pawai kami karena ketidakadilan. Kami pergi untuk menunjukkan protes kami dan bukan untuk menggulingkan kekuasaan di negara ini,” kata Prigozhin dalam klip audio berdurasi 11 menit itu.

Dia tidak memberikan perincian tentang di mana dia berada atau apa rencana masa depannya.

Prigozhin mengatakan para pejuangnya mendapat dukungan dari warga sipil yang “bahagia” di kota-kota yang mereka lewati saat mereka maju menuju Moskow.

“Di kota-kota Rusia, warga sipil menemui kami dengan bendera Rusia dan simbol Wagner,” kata Prigozhin. “Mereka semua senang saat kita lolos.”

Apa yang akan terjadi pada Prighozin dan pasukan Wagnernya?

Prigozhin tampaknya telah digulingkan dari Rusia, setidaknya untuk saat ini, dan bagaimana Moskow akan melanjutkannya masih belum jelas.

“Kita harus menunggu dan melihat apa yang terjadi. Ini menarik dan mungkin bisa disebut pembangkangan aktif dari komite investigasi Rusia dan FSB,” kata Shapovalova.

Colin Clarke, direktur penelitian di The Soufan Group, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa kesepakatan Prigozhin dengan Belarusia tidak serta merta menjamin keselamatannya.

“Orang yang melintasi Vladimir Putin cenderung memiliki catatan buruk jatuh dari jendela di Rusia. Kami telah melihat mereka tersingkir dengan sedikit gembar-gembor dan dengan berbagai cara yang sangat brutal,” katanya.

Akankah Rusia mengguncang militer?

Prigozhin tampaknya berniat menggulingkan Shoigu, menteri pertahanan. Dia juga mengkritik keras Valery Gerasimov, komandan Rusia yang memimpin upaya perang Moskow di Ukraina.

Namun pada hari Senin, sebuah video Kementerian Pertahanan menunjukkan Shoigu mengunjungi pasukan Rusia.

Sementara lokasi dan waktu video tidak jelas, beberapa media Rusia mengatakan penampilan publik pertamanya sejak pergolakan akhir pekan mengesampingkan pengunduran dirinya.

Ditanya oleh wartawan apakah Putin mempercayai Shoigu, Peskov mengatakan dia tidak mengetahui adanya perubahan sikap presiden.

Pada hari Minggu, Keir Giles, seorang konsultan senior di program Rusia dan Eurasia di Chatham House, mengatakan kepada Al Jazeera: “Semua taruhan dibatalkan.”

“Kami hanya tidak memiliki poin data yang solid yang dapat kami andalkan untuk mencari tahu apa yang akan terjadi selanjutnya,” katanya.

Diplomat Barat mengatakan episode itu telah mengungkap kelemahan Putin.

Menjelang pertemuan dengan menteri luar negeri Uni Eropa di Luksemburg, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan kepada wartawan: “Monster yang diciptakan Putin dengan Wagner, monster itu sekarang menggigitnya.”

“Sistem politik menunjukkan kerapuhan, dan kekuatan militer sedang retak,” kata Borrell.

Toto SGP