Mengapa Pasukan Bayaran Wagner Melawan Militer Rusia | Berita Militer

Mengapa Pasukan Bayaran Wagner Melawan Militer Rusia |  Berita Militer

Kepala Wagner Yevgeny Prigozhin mengklaim para pejuangnya tidak terlibat dalam kudeta militer tetapi “pawai keadilan”.

Kepala pasukan tentara bayaran Wagner Rusia, Yevgeny Prigozhin, mengklaim pasukannya memasuki Rusia untuk menyingkirkan pimpinan militer tertinggi negara itu.

Kepala Wagner mengklaim pada hari Sabtu bahwa pasukannya menguasai situs militer di selatan kota Rostov-on-Don. Markas militer di kota mengawasi pertempuran di Ukraina. Video lain yang diposting di media sosial menunjukkan kendaraan militer, termasuk tank, di jalanan di luar.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengutuk pemberontakan itu, mengatakan itu adalah “tikaman di belakang negara kita dan rakyat kita”.

“Semua yang mempersiapkan pemberontakan akan menghadapi hukuman yang tak terelakkan. Angkatan bersenjata dan lembaga pemerintah lainnya telah menerima perintah yang diperlukan,” kata Putin dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Sabtu.

Sebelumnya, dinas keamanan Rusia mengatakan mereka telah membuka penyelidikan kriminal terhadap Prigozhin karena memulai apa yang mereka gambarkan sebagai pemberontakan.

Kepala Wagner juga mempertanyakan versi resmi Kremlin mengapa Rusia menginvasi Ukraina.

Prigozhin telah menuduh Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan jenderal tinggi Rusia Valery Gerasimov tidak kompeten selama berbulan-bulan, tetapi ini adalah pertama kalinya dia menolak pembenaran nuklir Rusia karena menyerang Ukraina.

“Kementerian Pertahanan sedang mencoba untuk menipu masyarakat dan presiden dan menceritakan kepada kami sebuah cerita tentang bagaimana ada agresi gila dari Ukraina dan bahwa mereka akan menyerang kami dengan seluruh NATO,” kata Prigozhin dalam sebuah klip video yang dirilis di Telegram melalui layanan persnya pada hari Jumat.

“Operasi khusus dimulai untuk alasan yang berbeda,” katanya.

‚ÄúPerang itu diperlukan … agar Shoigu bisa menjadi marshal, … agar dia bisa mendapatkan medali ‘Pahlawan’ (Rusia) kedua. Perang tidak diperlukan untuk mendemiliterisasi atau denazifikasi Ukraina.”

Inilah yang kami ketahui tentang tujuan yang dinyatakan Prigozhin:

Apa yang dikatakan Prigozhin?

  • Pada hari Jumat, Prigozhin memposting serangkaian rekaman video dan audio yang menuduh Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memerintahkan serangan roket ke kamp lapangan Wagner di Ukraina, tempat pasukannya berperang atas nama Rusia.
  • Prigozhin mengatakan pasukannya sekarang akan menghukum Shoigu dalam pemberontakan bersenjata dan mendesak militer Rusia untuk tidak melawan.
  • “Ini bukan kudeta militer, tapi pawai keadilan,” kata Prigozhin.
  • Kementerian Pertahanan Rusia membantah melakukan serangan roket tersebut.
  • Komite Anti-Terorisme Nasional Rusia, yang merupakan bagian dari Layanan Keamanan Federal, atau FSB, mengatakan kepala Wagner akan diselidiki atas tuduhan menyerukan pemberontakan bersenjata.
  • FSB menyebut pernyataan Prigozhin pada hari Jumat sebagai “tikaman di belakang pasukan Rusia” dan mengatakan bahwa pernyataan tersebut memicu konflik bersenjata di dalam Rusia.
  • FSB mendesak pejuang Wagner untuk menangkap Prigozhin dan mengatakan kepada mereka untuk menolak mengikuti “perintah kriminal dan berbahaya” -nya.
  • Polisi anti huru hara dan Garda Nasional Rusia dikerahkan untuk memperketat keamanan di fasilitas utama di Moskow, termasuk lembaga pemerintah dan infrastruktur transportasi, lapor kantor berita TASS.

Apa dasar perselisihan Prigozhin dengan militer Rusia?

  • Pejuang yang dikatakan sebagai tentara bayaran Wagner di Ukraina merekam video yang mengutuk kepala staf umum tentara Rusia, Jenderal Valery Gerasimov, menuduhnya tidak menyediakan amunisi.
  • Prigozhin juga memilih Shoigu karena mengkritiknya sambil menuduh para pemimpin militer Rusia tidak kompeten.
  • Pernah menjadi tokoh bisnis bayangan yang memiliki hubungan dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Prigozhin semakin mengangkat profil publiknya, hampir setiap hari membual tentang dugaan kemenangan Wagner, dengan sinis mengejek musuh-musuhnya dan mengeluh tentang para pemimpin militer Rusia.

judi bola online