Sepuluh pemain yang harus diwaspadai di Piala Dunia Wanita 2023 | Berita Piala Dunia Wanita

Sepuluh pemain yang harus diwaspadai di Piala Dunia Wanita 2023 |  Berita Piala Dunia Wanita

Piala Dunia Wanita akan dimulai pada 20 Juli, dengan tuan rumah bersama Selandia Baru melawan Norwegia di pertandingan pembukaan.

Saat kegembiraan membangun apa yang dijanjikan untuk menjadi musim panas sepak bola internasional top, kami melihat para pemain yang harus Anda tonton:

1. Sam Kerr, Australia

Hal-hal besar diharapkan dari striker superstar Australia saat ia kembali menjadi kapten Matildas setelah musim yang sangat sukses di Inggris bersama Chelsea.

Kerr, 29, memainkan peran penting saat Chelsea memenangkan gelar Liga Super Wanita keempat berturut-turut, mencetak gol penentu dalam kemenangan final Piala FA the Blues atas Manchester United.

Kerr membanggakan rekor internasional yang produktif dengan lebih dari 60 gol. Dia menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Asia Wanita AFC 2022 di India, dengan tujuh gol hanya dalam empat pertandingan. Dia mencetak lima gol di Piala Dunia 2019, termasuk empat gol dalam satu pertandingan melawan Jamaika.

Kerr merayakan kemenangan Liga Super Wanita (John Sibley/Action Images via Reuters)

2. Marta, Brasil

Marta, seorang veteran sepak bola berusia 37 tahun, akan bermain di Piala Dunia keenamnya.

Pemenang enam kali penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA akan melakukan perjalanan ke Piala Dunia, dan sudah memegang rekor gol terbanyak di Piala Dunia – pria atau wanita – dengan 17 gol.

Dia diragukan tampil di Piala Dunia setelah cedera ACL akhir musim pada 2022 saat bermain untuk Orlando Pirates, tetapi sejak itu namanya masuk dalam skuat dan sekarang diperkirakan akan bermain.

3. Alex Morgan, Amerika Serikat

Superstar tak terbantahkan dari tim AS, Alex Morgan, telah membuat lebih dari 200 penampilan untuk negaranya dan mencetak 121 gol dalam karir internasional yang gemerlap yang membuatnya memenangkan dua Piala Dunia dan satu medali emas Olimpiade.

Di usia 34 tahun, Morgan mungkin memasuki tahun-tahun senja dalam karir sepak bolanya, tetapi dia tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti setelah mencetak gol kemenangan di final Kejuaraan Wanita CONCACAF 2022. Dia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen.

4. Khadija Shaw, Jamaika

Penyerang Manchester City menuju Piala Dunia setelah kampanye bersejarah 2022-23 untuk klubnya, mencetak 31 gol dalam 30 pertandingan.

Dipanggil “kelinci” oleh para penggemar – nama panggilan yang diberikan kepadanya oleh saudara laki-lakinya – Shaw adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Jamaika di sepak bola pria dan wanita, dengan 56 gol internasional atas namanya. Prestasi besar yang semakin mengesankan dengan fakta bahwa dia baru berusia 26 tahun!

5. Alexia Putellas, Spanyol

Putellas bisa dibilang pemain terbaik di Piala Dunia, setelah memenangkan Ballon d’Or Fรฉminin, Pemain Wanita Terbaik FIFA dan Pemain Wanita Terbaik Eropa Tahun 2021 dan 2022.

Pemain berusia 29 tahun itu terpaksa melewatkan sembilan bulan sepak bola setelah mengalami cedera lutut, tetapi kembali ke FC Barcelona pada bulan April tepat waktu untuk membantu raksasa Catalan memenangkan treble.

Pada bulan September, dia memprotes penanganan tim dari pelatih Spanyol Jorge Vilda bersama dengan beberapa pemain lain yang mengancam akan meninggalkan tim. Namun, dia masuk dalam skuat untuk Piala Dunia 2023.

Alexia Putellas
Pemain FC Barcelona Sandra Panos, Alexia Putellas dan Patricia Guijarro merayakan dengan trofi setelah memenangkan final Liga Champions Wanita (Yves Herman/Reuters)

6. Ada Hegerberg, Norwegia

Penyerang Lyon, yang akan berusia 28 tahun pada 10 Juli, akan menandai kembalinya ke sepak bola Piala Dunia, setelah melewatkan turnamen 2019 karena pengasingan diri selama lima tahun dari sepak bola internasional. Keputusan itu sebagai protes terhadap perlakuan terhadap permainan wanita oleh Federasi Sepak Bola Norwegia, yang membuatnya “rusak mental”.

Sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Champions UEFA, kembalinya Hegerberg akan menjadi dorongan besar untuk turnamen ini.

Hegerberg telah memenangkan enam trofi Liga Champions dan delapan gelar Divisi 1 Wanita yang menakjubkan di Prancis.

Ada Hegerberg
Ada Hegerberg beraksi melawan Irlandia Utara di Euro 2022 (John Sibley/Reuters)

7. Lena Oberdorf, Jerman

Gelandang serbaguna berusia 21 tahun, yang bermain di VfL Wolfsburg, memenangkan pemain muda terbaik di Euro 2022 dan dinobatkan sebagai pemain XI terbaik turnamen oleh staf pelatih UEFA.

Oberdorf penyerang yang tangguh juga bisa bermain di pertahanan tengah atau sebagai bek sayap, menjadikannya sumber daya yang sangat berguna bagi tim Jerman yang berbakat.

The Guardian menobatkannya sebagai pemain terbaik kelima di dunia pada tahun 2022.

8. Yui Hasegawa, Jepang

Bintang Manchester City ini mahir maju seperti dia dalam tugas defensifnya, menjadikannya aset vital dalam skuad Nadeshiko yang berbakat.

Di usia 26 tahun, Hasegawa sudah menunjukkan CV yang mengesankan, membuat 65 penampilan untuk negaranya dan mencetak 14 gol. Dia juga merasakan kesuksesan bersama Jepang, memenangkan Piala Asia Wanita AFC dan Asian Games pada tahun 2018.

9. Lucy Bronze, Inggris

Bek kanan Barcelona tidak asing dengan kesuksesan. Selama karirnya yang terkenal, pemain berusia 31 tahun itu memenangkan Euro 2022 bersama Inggris dan mengklaim empat kemenangan Liga Champions dengan dua tim berbeda. Dia juga berada di puncak liga lokal di Inggris – bersama Liverpool dan Manchester City – di Prancis bersama Lyon, dan di Spanyol bersama FC Barcelona.

Lucy Perunggu
Perunggu selama latihan bersama Inggris pada 20 Juni 2023 (Andrew Couldridge/Action Images via Reuters)

10. Asisat Oshoala, Nigeria

Penyerang Barcelona berusia 28 tahun itu menjadi pemain Afrika pertama yang memenangkan Liga Champions Wanita pada 2021, hanya untuk memenangkannya lagi dua musim kemudian – meskipun dia cedera di final.

Dia juga pemain Afrika lima kali tahun ini dan orang Afrika pertama yang dinominasikan untuk Ballon d’Or Fรฉminin.

Oshoala mencetak gol di pertandingan Piala Dunia 2015 dan 2019 Nigeria dan berharap untuk memimpin tim Nigeria yang kuat keluar dari babak penyisihan grup, di mana mereka diadu melawan Irlandia, Australia dan Kanada.

Pengeluaran SGP